Wednesday, 04 January 2017 00:08

Alat Pemadam Api

Written by
Rate this item
(1 Vote)
Alat Pemadam Api Alat Pemadam Api

Alat pemadam api adalah alat perlindungan kebakaran aktif yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil, umumnya dalam situasi darurat. Pemadam api tidak dirancang untuk digunakan pada kebakaran yang sudah tidak terkontrol, misalnya ketika api sudah membakar langit-langit. Umumnya alat pemadam api terdiri dari sebuah tabung bertekanan tinggi yang berisi bahan pemadam api.

Ada dua jenis utama alat pemadam kebakaran yaitu bertekanan di dalam dan dioperasikan oleh cartridge. Dalam unit bertekanan di dalam, gas penyembur disimpan pada ruang yang sama dengan bahan pemadam kebakaran tersebut. Tergantung pada bahan yang digunakan, jika berbeda maka bahan pendorong yang digunakan juga berbeda. Pada alat pemadam berisi bahan kimia kering, umumnya digunakan nitrogen; alat pemadam air dan busa biasanya menggunakan udara. Alat pemadam api bertekanan di dalam adalah jenis yang paling umum. Sedangkan jenis Alat pemadam yang dioperasikan Cartridge gas penyembur berisi dalam cartridge yang terpisah yang harus ditekan lebih dulu sebelum mengalir keluar, mendorong bahan pemadam.

Jenis ini tidak seperti biasa, digunakan terutama untuk fasilitas industri, di mana memerlukan penggunaan dengan kemampuan yang lebih tinggi dari yang biasa. serta memiliki keuntungan karena lebih sederhana sehingga memungkinkan pemakai untuk cepat melaksanakan pemadaman, hingga mampu mengendalikan api dalam kurun waktu yang cepat. Tidak seperti jenis bertekanan di dalam yang menggunakan nitrogen, alat pemadam ini menggunakan pendorong karbon dioksida bukan nitrogen, meskipun model cartridge nitrogen juga kadang digunakan pada temperatur rendah.

Jenis alat pemadam yang digunakan di seluruh dunia dioperasikan oleh Cartridge tersedia dalam bahan kimia kering dan jenis serbuk kering serta berbahan basah seperti air, busa, kimia kering (kelas ABC dan BC), dan bubuk kering (kelas D) .

Alat pemadam api selanjutnya terbagi lagi menjadi pemadam genggam yang juga disebut alat pemadam genggam dengan massa antara 0,5-14 kilogram, karena mudah dibawa dengan tangan. Berikutnya adalah alat pemadam api beroda biasanya memiliki massa lebih besar. Model beroda ini yang paling sering ditemukan di lokasi bangunan, bandar udara, heliports, serta dok dan pelabuhan.

 
NAMA ALAT PEMADAM API 
 
 
Dry Chemical Powder
Merupakan kombinasi dari fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. Yang berfungsi mengganggu reaksi kimia yang terjadi pada zona pembakaran, sehingga api padam. Dry Chemical powder juga memiliki titik lebur yang rendah dan pada partikel yang sangat kering serta membengkak untuk membentuk penghalang yang hingga oksigen tidak dapat masuk sehingga dapat menutupi area kebakaran (api), akhirnya api tidak akan menyala dikarenakan pijakannya ditutupi oleh Dry Chemical powder.
  • Merupakan media pemadam api serbaguna, aman dan luas pemakaiannya karena dapat mematikan api kelas A, B, dan C.
  • Dapat menahan radiasi panas dengan kabut (serbuk) partikelnya.
  • Tidak menghantarkan listrik (Non Konduktif).
  • Kimia kering tidak beracun (Non Toxic).
  • Tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia.
  • Tabung Pemadam Api menggunakan bahan dry chemical powder,  kelas kebakaran A, B, dan C.

 
Karbon dioksida (Carbon Dioxide, CO2)


Karbon dioksida CO2 adalah senyawa kimia yang terbentuk dari 1 atom karbon + 2 atom oksigen, yang dapat dihasilkan baik dari kegiatan alamiah maupun kegiatan manusia.

  • Dapat digunakan memadamkan kebakaran kelas B dan C bahan gas, CO2 tidak merusak, efektif dan bersih.
  • Sangat efisien serta efektif digunakan dalam ruangan seperti kantor, lab dan ruangan lainnya.
  • Carbon Dioxide (CO2) dapat menyerap panas dan sekaligus mendinginkan.
  • Konstruksi dirancang khusus untuk menahan tekanan tinggi dengan nozzle yang berbentuk corong.
  • Tidak berbahaya terhadap tumbuhan dan hewan.
  • Sangat cocok untuk memadamkan api yang terjadi akibat korsleting listrik, karena bersih dan aman 

 
Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam)

Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam) adalah berbasis air dan sering mengandung surfaktan berbasis hidrokarbon seperti sulfat sodium alkyl, fluoro surfactant seperti: fluorotelomers, asam perfluorooktanoat (PFOA), asam perfluorooktanasulfonat (PFOS). Mereka memiliki kemampuan untuk menyebar di permukaan cairan berbasis hidrokarbon. "Alcohol resistant aqueous film forming foams" (AR AFFF) adalah busa/foam yang tahan terhadap reaksi dari alkohol, dapat membentuk lapisan/segmen pelindung ketika dipakai atau disemprotkan.[1]

Dapat digunakan untuk memadamkan api kelas A namun sangat cocok bila digunakan untuk kelas B.
Bersifat Konduktif (Penghantar Listrik). Tidak dapat dipakai untuk memadamkan api kelas C.
Foam bersifat ringan, sangat efektif untuk memadamkan zat cair yang mudah terbakar dengan cara mengisolasi oksigen serta menutupi permukaan zat cair untuk menghindari api yang dapat menjalar (meluas) kembali.

Tidak digalakkan terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia.
Foam adalah bahan yang mengakis supaya menutup permukaan pangkal api, maka letupan dapat kesan dielakkan.
Gas Pengganti Hallon Non CFC (HCFC-141B)
Gas Pengganti Hallon/ HCFC-141b atau biasa disebut "Gas Clean Agent" adalah senyawa kimia yaitu hydrochlorofluorocarbon (HCFC). Merupakan senyawa dari 1,1-dichloro-1-fluoroethane menurut Chemical Abstracts.

Merupakan pemadam api yang bersih dan tidak meninggalkan residu.
Sangat efektif untuk digunakan pada semua risiko kelas kebakaran A, B dan C.
Tidak menghantarkan listrik (Non Konduktif), sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik dan alat perkantoran modern lainnya Tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia.
 
 
HALON FREE AF 11
 
Gas pengganti hallon ini berkembang mengikuti zaman, sehingga banyak bermunculan produknya. HCFC-141B adalah salah satu gás pengganti hallon tersebut dan lainnya seperti: FM200, Hallotron dan lainnya dengan kualitas menyerupai Hallon.[2] Hallon dilarang digunakan karena tidak ramah lingkungan merusak lapisan ozon. sebabnya yaitu memiliki CFC yang cukup tinggi dan kemungkinan merusaknya sangat besar. Harga dari Tabung Pemadam Api dengan isi Gas pengganti hallon relatif lebih tinggi dari harga Apar dengan isi yang lainnya karena harus ada lapisan khusus. Gas pengganti hallon sering digunakan di kapal, laboratorium, ruang arsip, ruang data center atau server, pesawat dan tempat dengan elektronik yang cukup banyak. dengan gas ini lebih aman dan bersih untuk alat-alat tersebut, sehingga tidak merusak.[3][4]
 
 
Kelas Kebakaran
Berikut ini adalah tabel kelas kebakaran yang sering terjadi.

Kelas Kebakaran Media Dry Chemical Powder Foam AFFF CO2 Hcfc-141B
Kelas Kebakaran A Benda Padat (Kain, Kayu, Kertas)
Kelas Kebakaran B Benda Cair (Minyak, Bensin, bahan bakar diesel)
Kelas Kebakaran C Benda Gas (Elpiji)
Kelas Kebakaran D Logam (magnesium, misiu)
Kelas Kebakaran E Elektro (Dinamo, Motor Listrik)
 

Cara menggunakan alat pemadam api yang baik dan benar

  1. Tabung pemadam api kita ambil pada tempatnya.
  2. Cabut pin pengaman yang terletak di atas valve alat pemadam.
  3. Pegang selang tabung pemadam api pada ujung selang pemadam tersebut.
  4. Tekan tuas alat pemadam api sampai full.
  5. Usahakan berdiri di jarak 3 meter dan perlahan lahan maju hingga api mulai padam.
  6. Arahkan alat pemadam kebakaran pada yang telah ditekan full ke titik api

setelah itu yang terpenting cukup kita lihat arah mata angin, apinya mengarah atau bertiup ke arah mana. (Kita harus berdiri satu arah dengan arah angin).



Disebut juga sebagai alat pemadam api ringan (APAR), fire extinguisher ini berbentuk tabung yang dilengkapi dengan selang kebakaran. Tabung APAR berisi media yang berguna untuk memadamkan api dengan cepat. Beberapa media alat pemadam api ringan diantaranya adalah sebagai berikut:
 

4 kelas alat pemadam api ringan

  1. Busa atau Foam
  2. Dry Chemical Powder
  3. Carbondioksida (CO2)
  4. Halocarbon (Halon)
 
Meskipun gedung bertingkat sudah diinstalasi dengan fire hydrant system dan fire sprinkler system, namun APAR tetap dibutuhkan. Alat pemadam api ini sangat bisa diandalkan pada situasi darurat, misalnya saat beberapa alat pemadam api otomatis tidak dapat memadamkan api secara menyeluruh karena api berada di luar jangkauan.

Percayakan Instalasi Alat Pemadam Kebakaran Pada Ahlinya!
alat pemadam kebakaran di gedung sertifikasi UL FLMSistem pemadam kebakaran gedung hanya dapat bekerja dengan optimal jika dirancang dan diinstalasi secara tepat. Artinya, instalasi alat pemadam kebakaran gedung tidak boleh dilakukan sembarangan. Oleh karena itu, pastikan kamu mempercayakan kebutuhan instalasi alat pemadam kebakaran kepada ahlinya.

Solusi tepat bagi kamu yang ingin mengadakan instalasi alat pemadam kebakaran gedung. Kami melayani jasa konsultan, kontraktor, distributor, service, hingga perawatan alat pemadam kebakaran yang meliputi fire hydrant, fire extinguisher, dan fire alarm.

Dengan didukung oleh teknisi ahli yang profesional dan berpengalaman, maka kualitas layanan yang kami berikan tidak perlu kamu ragukan. Kami juga menghadirkan produk yang telah lulus uji sertifikasi internasional, yaitu UL dan FM. Produk alat pemadma kebakaran yang kami gunakan juga sudah sesuai dengan standar NFPA.

Bromindo merupakan solusi cerdas untuk melindungi bisnis dan investasi kamu dari bahaya kebakaran. Segera hubungi kami untuk konsultasi terkait alat pemadam kebakaran yang kamu butuhkan. Kami siap membantu kamu untuk menemukan solusi terbaik terkait proteksi aset-aset berharga dari kebakaran.
 
 
 
HARGA ALAT PEMADAM API 
 
Powder 1Kg 1,001,088 20% 800,870 SV-10  
Powder 3Kg 1,188,000 20% 950,400 SV-30  
Powder 5Kg 2,138,400 20% 1,710,720 SV-50  
Powder 6Kg 2,471,040 20% 1,976,832 SV-60  
Powder 20Kg 13,289,760 20% 10,631,808 SV-20
 
 
 
Alat Pemadam Kebakaran dan Fungsinya
Tipe Alat Pemadam Kebakaran Untuk mengatasi kebakaran, perlu diketahui macam-macam tipe alat pemadam agar penanganannya lebih cepat dan tepat. Untuk itu, ada beberapa tipe pemadam yang ada pada artikel berikut wajib Anda simak. Seperti yang diketahui bahwa kebakaran dapat terjadi dikarenakan oleh banyak faktor. Namun yang sering terjadi biasanya disebabkan karena kurang berhati-hati. Nah, apapun alasannya jika sudah terjadi musibah tersebut tidak ada hal lain yang lebih penting untuk dilakukan selain memadamkan api agar tidak merembet kemana-mana.


Keberadaan alat pemadam kebakaran sangatlah penting fungsinya. Berbagai tipe alat pemadam pun turut dihadirkan untuk menangani berbagai penyebab kebakaran secara tepat. Kelas-Kelas Kebakaran Untuk itu, mengetahui macam-macam ataupun tipe alat pemadam perlu untuk Anda ketahui. Namun sebelumnya, Anda perlu mengetahui juga apa saja kelas-kelas api dan pemadamannya terbagi menjadi beberapa golongan yang meliputi :
 
 
Kelas-Kelas Kebakaran

1. Kelas api tipe alat pemadam A

Jenis bahan yang terbakar adalah benda padat seperti kain, kayu, kertas, kardus, dll

2. Kelas api tipe B

Jenis bahan yang terbakar adalah benda cair seperti seperti minyak, bensin, solar dll

3. Kelas api tipe C

Jenis bahan yang terbakar adalah benda gas seperti Elpiji dan tinner

4. Kelas api tipe D

Jenis bahan yang terbakar adalah benda logam, seperti magnesium dan misiu

5. Kelas api tipe E

Jenis bahan yang terbakar adalah electrical, seperti dinamo dan listrik

Nah, setelah mengetahui tipe-tipe api berdasarkan kelasnya tersebut barulah Anda perlu mengetahui tipe alat pemadam. Berikut ulasannya.

 
 
Beberapa Jenis dan Tipe Alat Pemadam
1. APAR (Alat Pemadam Api Ringan)


Selain mudah dibawa, alat pemadam ini merupakan yang paling mudah dioperasikan. Ini dilengkapi dengan alat pengukur tekanan yang berfungsi untuk menunjukkan tekanan pada tabung. Adapun jenisnya dibagi menjadi tiga, meliputi:

APAR foam, berfungsi untuk memadamkan api pada kelas tipe A, B, dan D
APAR Dry Chemical Powder, berfungsi untuk memadamkan api pada kelas tipe A, B, C, dan E
APAR CO2, berfungsi untuk memadamkan api pada kelas tipe B, C, D, dan E
 
2. Pemadam portable


Sama halnya dengan APAR. Pemadam portable ini juga mudah dibawa kemana-mana dan dioperasikan oleh satu orang saja. Umumnya, pemadam portable ini berukuran satu hingga dua kilogram saja, maka tak heran jika ini digunakan sekali saja untuk memadamkan api berukuran kecil. Setelah dipakai, biasanya ini perlu untuk diisi ulang lagi.

3. Alat pemadam api thermatic


Yaitu tipe alat pemadam yang dapat digunakan secara otomatis. Biasanya ini dipasang di plafon. Alat ini akan berfungsi jika terdapat asap atau api yang terdeteksi oleh sensor

4. Alat pemadam api berat (APAB)

Alat pemadam ini biasanya ditempatkan di area pengisian bahan bakar. Beratnya mencapai 20-80 kg, sehingga membutuhkan lebih dari dua orang untuk mengoperasikannya.

5. Hydrant

Alat pemadam ini berfungsi sebagai sumber air saat terjadi kebakaran. Biasanya ini ditempatkan di area tertentu di trotoar.

Itulah lima tipe alat pemadam yang umum digunakan untuk menangani musibah kebakaran. Mencegah kebakaran akan jauh lebih baik daripada memadamkannya.
 
 
Alat Pemadam Api di Gedung
 
Alat Pemadam Kebakaran di Gedung Bertingkat Lengkap Standar NFPA
Alat pemadam kebakaran di gedung bertingkat tentu harus tersedia secara lengkap. Hal ini mengingat bahwa gedung bertingkat biasanya menyimpan aset-aset berharga, sehingga harus diproteksi dari ancaman kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Apalagi, gedung bertingkat memiliki risiko kebakaran yang tinggi.

 
Jenis Alat Pemadam Kebakaran di Gedung Bertingkat
Gedung bertingkat memiliki risiko yang tinggi terhadap terjadinya kebakaran. Oleh karena itu, setiap gedung bertingkat harus dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran yang lengkap dan sesuai standar. Apa saja jenis alat pemadam kebakaran di gedung bertingkat? Inilah alat-alat pemadam kebakaran di gedung bertingkat.

Fire Hydrant System

alat pemadam kebakaran di gedung sertifikasi ul fmFire hydrant system merupakan serangkatan alat pemadam kebakaran yang paling standar digunakan di gedung bertingkat. Alat pemadam kebakaran ini berupa sistem pemasok air untuk sistem proteksi kebakaran. Fire hydrant digunakan apabila kebakaran tidak bisa diatasi atau dipadamkan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Instalasi fire hydrant terdiri atas berbagai komponen yang saling terintegrasi satu sama lain. Setiap komponen fire hydrant memegang peran penting bagi berlangsungnya kinerja dari alat pemadam kebakaran ini. Beberapa komponen utama dalam fire hydrant system diantaranya adalah sebagai berikut.

Water Reservoir
Alat pemadam kebakaran gedung dilengkapi dengan water reservoir atau ground tank merupakan tempat penyimpanan pasokan air untuk sistem hydrant. Komponen ini berbentuk seperti sebuah tanki yang letaknya berada di bawah maupun di atas tanah.
 
Hydrant Pump
Hydrant pump merupakan komponen berupa pompa dalam instalasi fire hydrant. Pompa hydrant berfungsi untuk memompa pasokan air dari water reservoir menuju ke jaringan hydrant dan pipa distribusi untuk kemudian dikeluarkan melalui hydrant pillar.
 
Hydrant Pillar
Hydrant pillar merupakan komponen output pada rangkaian sistem fire hydrant. Alat inilah yang nantinya dihubungkan dengan fire hose atau selang pemadam kebakaran untuk menjangkau titik api kebakaran. Komponen ini biasanya terletak di luar area gedung yang strategis dan mudah terlihat.
 
Hydrant Box
Komponen ini berupa sebuah kotak yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam peralatan yang dibutuhkan dalam pemadaman kebakaran. Beberapa alat yang terdapat dalam hydrant box antara lain fire hose, nozzle, valve, dan hose rack. Hydrant box diletakkan tidak jauh dari hydrant pillar.
 
Fire Sprinkler System
alat pemadam kebakaran di gedung bertingkat standar nfpaSistem pemadam kebakaran gedung juga harus dilengkapi dengan fire sprinkler system. Alat pemadam kebakaran di gedung ini bekerja dengan mendeteksi adanya kebakaran sejak dini. Fire sprinkler akan langsung bekeja secara otomatis ketika suhu di dalam ruangan mengalami peningkatan akibat kebakaran.

Salah satu komponen pada fire sprinkler system adalah head sprinkler. Alat pemadam kebakaran gedung ini secara otomatis akan mengeluarkan air apabila mendeteksi suhu ruangan yang mengalami kenaikan hingga 68 ⁰C. Banyak sedikitnya air yang keluar dari sprinkler system tergantung dari besar kecilnya api pada ruangan tersebut.

Alat pemadam kebakaran gedung ini juga terhubung langsung dengan fire alarm system. Alarm akan berbunyi secara otomatis saat terdeteksi adanya kebakaran. Karena memiliki kemampuan untuk mendeteksi perubahan suhu secara otomatis, maka alat pemadam kebakaran ini sangat bisa diandalkan untuk mencegah kebakaran besar.

Fire Extinguisher System
APAR PowderBerbeda dengan dua jenis alat pemadam kebakaran gedung sebelumnya yang dapat bekerja otomatis, fire extinguisher merupakan alat pemadam api yang hanya bisa digunakan secara manual. Meski begitu, bukan berarti alat pemadam kebakarna gedung ini tidak efektif dalam menjalankan fungsinya.


Demikianlah pembahasan singkat mengenai Macam-Macam Alat Pemadam Kebakaran dan Fungsinya. Jika anda membutuhkan Pompa, Selang, Aksesoris Pemadam Kebakaran, Perbaikan, Maintenance dan Penyediaan Sparepart, silahkan menghubungi kami melalui:
 
 
Read 91 times Last modified on Friday, 18 November 2022 18:28
Andy Rifky

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Latest from Andy Rifky

View Anwar Arifin's profile on LinkedIn

Andy Rifky 


 WA. +6287831213599

 HP . 0812- 1193- 0009

PT. Global Mitra Proteksindo
Komp. Taman Palem Mutiara
Cengkareng, Jakarta Barat

OFFICE. 02122302338

E- Mail - This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

Cari Artikel

Refill Isi Ulang Pemadam APAR

Refill Isi Ulang APAR Jakarta Barat, Selatan,...
Pelayanan refill, isi ulang apar di jakarta barat telah dijalankan oleh PT. Global Mitra Proteksindo  sejak tahun 2009. Saat ini kami telah memiliki 2 workshop yang berlokasi di daerah cengkareng jakarta barat dan di cadas tangerang dengan harga isi ulang apar rp.40.000,- per kg untuk... More detail
Harga Isi Ulang Alat Pemadam Api
Harga isi ulang alat pemadam kebakaran api  rp, 40.000 solusi bagi anda yang memiliki alat pemadam api yang telah kadaluarsa atau telah habis terpakai. Umumnya alat pemadam api ringan dan alat pemadam api berat memiliki jangka waktu kadaluarsa adalah 1 tahun. Keamanan dan kestabilan dari... More detail
prev
next

Andy Rifky

WA - 087831213599

HP- 081211930009

PT. Global Mitra Proteksindo
Komp. Taman Palem Mutiara
Cengkareng, Jakarta Barat

OFFICE. 02122302338

E- Mail -gmproteksi@gmail.com

 

 

Indonesia 80.0% Indonesia
United States 11.4% United States
Malaysia 4.8% Malaysia

Total:

16

Countries
000873
Today: 27
Yesterday: 34
This Week: 199
Last Week: 293
This Month: 358
Last Month: 581