Thursday, 06 April 2017 00:24

Jenis Dan Nama Alat Yang Ada Pada Hydrant

Written by
Rate this item
(1 Vote)

Untuk mengantisipasi resiko kebocoran pada perlengkapan kebakaran dibutuhkan produk-produk perlengkapan kebakaran dengan mutu dan kualitas yang lebih baik. Saat ini anda tidak perlu kawatir dan takut kebocoran perlengkapan kebakaran ( Fire Hydrant Equipment ) mengalami kebocoran karena saat ini kami menghadirkan produk yang tidak perlu diragukan lagi. produk perlengkapan kebakaran antara lain, Siamese Connection Hooseki  tersedia dengan kualitas terbaik, dengan spesififkasi material :

JENIS DAN NAMA YANG ADA DI HIDRANT

Berikut Fungsi Komponen Hydrant :

pasokan air yang tersedia dan tempat penyimpanan – Tempat penyimpanan dapat berupa saluran pipa air utama, tangki air statis atau bendungan. Perlu diperhatikan kebocoran pada tempat penyimpanan pada saat pengisian air otomatis. Pertimbangkan pula mengenai kapasitas air, apakah itu cukup atau tidak untuk mengatasi kebakaran besar.

Valve dan Sambungan Pipa

Pipa dan valve meupakan komponen penting dalam proses distribusi air. Pipa bertanggung jawa atas air yang mengalir dari reservoir air ke daerah hidran tanpa pembatasan. Ukuran pipa dan katup harus ditentukan berdasarkan persyaratan pasokan air dan analisis hidrolik sesuai dengan pedoman Standar Australia dari AS2419. Dalam sistem perpipaan pun perlu dilakukan gambar tiga dimensi yang disebut dengan isometric. Isometric adalah teknik menggambar rangkaian pipa tiga dimensi berdasarkan arah.• Fire Brigade Booster – perakitan ini akan memungkinkan koneksi yang cepat dan mudah untuk peralatan pemadam kebakaran dalam memompa air tambahan ke hidran. Dalam instalasi yang normal  berfungsi untuk mengontrol tekanan yang keluar dari sistem hidran.

Booster Pumpset

Booster Pumpset merupakan peralatan yang dapat digunakan ketika ada keterbatasan hidrolik dan tekanan tambahan yang diperlukan untuk memberikan pasokan air yang cukup. Pumpset dapat menjadi motor listrik atau mesin diesel, tergantung pada persyaratan untuk lokasi.

Hydrant  

Hydrant merupakan sistem yang menghubungkan selang api untuk pasokan air dan dilengkapi dengan valve untuk mengubah aliran air atau mematikan bila tidak diperlukan. Lokasi hidran harus ditentukan berdasarkan Standar Australia AS2419, yang akan menentukan lokasi mana yang mudah diakses untuk menanggulangi kebakaran.

Fire Hose

Selang kebakaran berfungsi mendistribusikan air dari reservoir menuju nozzle untuk memadamkan api. Selang merupakan peralatan tambahan pada situasi tertentu yaitu situasi yang memerlukan selang kebakaran umumnya di tempat datar dan lokasinya dekat hidran. Hal ini akan memungkinkan konektivitas cepat jika diperlukan untuk kondisi kebakaran darurat• Block plan – ini merupakan sistem perencaan awal sebelum penginsatlan sistem hidran. Ada banyak hal yang masuk dalam list block plan antaranya ruang pompa dan ruang kontrol. Selain itu dibahas secara terperinci mengenai pasokan air dan peralatan lain yang digunakan. Informasi penting lainnya seperti tahun instalasi, nama kontraktor dan item lainnya juga termasuk dalam rencana blok.

Untuk meyakinkan bahwa sistem hidran yang akan diinstal  dalam kondisi yang baik maka sebaiknya menghubungi pelayanan kebakaran atau lembaga yang mengerti mengenai pelayanan sistem hidran. Apabila telah menginstal sistem hidran, perlu diperhatikan jadwal pengecekan terhadap alat-alat yang terdapat pada sistem hidran, alat-alat harus selalu dipastikan dalam keadaan yang baik apabila tidak dilakukan pengecekan maka penggantian alat akan cepat dilakukan dan fungsi sistem hidran sebagai alat pengaman akan menurun, hal ini tentu saja merugikan. Pengecekan umumnya dilakukan oleh orang-orang yang telah profesional dalam bidang ini.Fire Hydrant Equipment merupakan perlengkapan penunjang dalam sistem jaringan instalasi kebakaran, pada beberapa kasus banyak timbul permasalahan saat sebuah sistem kebakaran diaktifkan, dalam hal ini keluhan sering muncul adanya kebocoran pada perlengkapan yang sudah terpasang.

Keluhan Kebocoran Pada Fire Hydrant Equipment Sering terjadi pada jeleknya kualitas seal pada hydrant pillar sehingga masalah ini sangat mengganggu kinerja dari sistem hydrant tidak dapat berfungsi secara optimal, keluhan lain terjadinya kebocoran pada fire hose bahkan sering terjadi kendala yang dialami pada fire hose pecah atau bahkan fire lengket lengket, hal lain yang memungkinkan terjadi kebocoran adalah pada bagian hydrant valve dan terkadang valve menjadi berkarat dan tidak dapat difungsikan.

Kejadian kejadian yang terjadi seperti pada kasus diatas sangat membahayakan manakala terjadi sebuah insiden kebakaran sehingga penangananya menjadi tertunda dan berisiko terhadap kasus kebakaran itu sendiri yang pada akirnya tidak dapat ditangani dengan segera kemudian menimbulkan kebakaran menjadi semakin meluas.

Fire Hydrant Equipment Berkualitas

{besps}/slide{/besps}

 

Teresdia type S7 ( wall ) pemasangan menempel dinding, type S11 pemasangan terhubung dengan mainline ( jalur utama instalasi hydrant )

Terbuat dari brass berkualitas tinggi dengan teknologi pengecoran modern menghasilkan produk berkualitas dan hasil finishing lebih halus.

Tersedia beberapa varian coupling antara lain Machino Coupling & VDH sehingga dapat memenuhi kebutuhan anda.

Siamese Conection Hoseeki tersedia dalam ukuran inlet 4 inchi outlet 2,5 inchi X 2,5 inchi.

Berat 8.800 gr.

Finishing menggunakan Polish Coating.

Tekanan kerja 10 kg / cm.

Test tekanan 15 kg / cm. Siamese Connection berfungsi sebagai jalur distribusi saat ketersediaan air pada ground tank tidak mencukupi dan mobil regu kebakaran tidak dapat mengakses masuk ke dalam lokasi karena faktor akses jalan dan sempitnya area, siamese connection akan terhubung dengan mobil kebakaran untuk memberikan pasokan air secara terus menerus untuk mensuplai kebutuhan air pada sistem sprinkler sehingga proses pemadaman terhadap kebakaran tidak akan berhenti sampai di pastikan api padam, siamese connection sangat  disarankan  terpasang pada gedung bertingkat, hotel, mall, rumah sakit, pabrik dan industri berisiko tinggi lainya. Siamese Connection biasanya terpasang pada jalur utama pada bagian depan sebuah gedung bertingkat atau lokasi industri.

Fire Hydrant Pillar Hooseki

Hydrant equipment seperi Fire Hydrant Pillar merupakan tools yang sangat penting dalam sistem pemasangan hydrant untuk proteksi outdoor, dimana pillar hydrant berfungsi menghubungkan antara selang pemadam (fire hose) dari jaringan pipa hydrant yang telah terpasang untuk memproteksi area luar bangunan. jumlah yang di butuhkan dalam pemasangan pillar menyesuaikan dengan luas bangunan yang di proteksi atau area yang di proteksi, di jelaskan dalam regulasi seperti NFPA maupun peraturan PU setiap 1 unit pillar hydrant mampu mencover seluas radius 45 meter -55meter dengan kapasitas flow/debit air dari masing-masing output hooseki pillar hydrant yang mencapai 370 liter/menit saat bekerja maksimal. Pillar hydrant untuk di area dalam ruangan/bangunan di gantikan fungsinya oleh fire hose reel yang dapat di operasikan oleh 1 orang saja atau indoor hydrant box yang di lengkapi oleh hydrant valve yang berfungsi seperti kran buka tutup saat di gunakan. Masa penggunaan hooseki pillar hydrant sampai puluhan tahun lamanya dengan kondisi yang ekstrim sekalipun tentu dengan perawatan yang benar.

Fire Pillar Hydrant Hooseki setiap pembelian di lengkapi dengan COO (Certifikat Of Original) dari vendor hooseki yang memiliki cabang di setiap daerah di indonesia, hal ini untuk menghidari pemalsuan produk baik type H-13AP (hooseki one way), H-14AP (Hooseki Pillar Hydrant Two Ways) dan Hooseki H-15AP (hooseki three ways).Servis Hooseki Pillar HydrantKerusakan yang sering di alami oleh sebagian orang adalah pada sil yang bocor, banyak faktor yang mengakibatkan kerusahakan sil hooseki pillar hydrant antara lain karena kandungan pasir dalam air yang di gunakan untuk mensuplai kebutuhan hydrant atau serpihan besi dari pipa hydrant yang menyumbat sil dalam pillar tersebut sehingga perlu di lakukan penggantian oleh teknisi yang profesional, berpengalaman dan spesialis di bidangnya. Hooseki pillar hydrant di butuhkan servis dan pengecekan yang rutin supaya alat ini siap dan dapat di fungsikan sewaktu-waktu ada bencana. karena kalau sistem bekerja baik pillar hydrant tidak berfungsi sama saja kejadian kebakaran tidak dapat diatasi dan kegagalan pemadaman kebakaranBerbagai macam tipe jet spray nozzle pemadam kebakaran, Nozel selang kebakaran adalah salah satu peralatan yang dirancang khusus yang memberikan jumlah air yang optimal pada tingkat tekanan tertentu. Ada berbagai nozel dalam berbagai bentuk dan ukuran. Namun, pada dasarnya pengoperasian mereka semua sama, menggunakan katup penutup sederhana untuk mengontrol aliran air. Untuk mengetahui nozzle apa yang digunakan tergantung pada jenis kebakaran dan pemadaman kebakaran yang dibutuhkan di tempat kejadian.Jet nozzles  merupakan jenis nozel tertua  yang di gunakan regu kebakaran, nozel ini sangat sederhana dan tidak ada komponen lain atau bagian bagian yang lain, Smooth bore nozzle / Jet nozzle desin nya meruncing dan beroperasi efektif pada tekanan 50 sampai 80 ppi. Tidak seperti nozel lainnya Smooth bore nozzle / Jet nozzle menghasilkan aliran air yang padat dan mampu menembus api secara langsung dan memadamkan bahan bakar yang terbakar.  

Fire hydrant minimalis merupakan sebuah sistem pemadam untuk mengatasi kebakaran yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Oleh karena itu fire hydrant minimalis ini harus ada disetiap bangunan perusahaan, rumah sakit, maupun bangunan perumahan. Sehingga asset telah dibangun tidak hilang karena musibah kebakaran. Disamping itu fire hydrant minimalis untuk membantu para tim pemadam kebakaran ketika mau dipergunakan untuk memadamakan kebakaran. Kegunaan fire hydrant minimalis selain untuk memadamkan kebakaran, juga digunakan untuk irigasi pertanian. 

Read 8110 times Last modified on Wednesday, 10 January 2018 21:28

Andy Rifky 

View Anwar Arifin's profile on LinkedIn

 WA. 087885235999

HP. 081211930009

PT. Global Mitra Proteksindo
Komp. Taman Palem Mutiara
Cengkareng, Jakarta Barat

OFFICE. 02122302338

E- Mail - This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

Cari Artikel

Andy Rifky 

View Anwar Arifin's profile on LinkedIn

 WA. 087885235999

HP. 081211930009

PT. Global Mitra Proteksindo
Komp. Taman Palem Mutiara
Cengkareng, Jakarta Barat

OFFICE. 02122302338

E- Mail - gmproteksi@gmail.com