Wednesday, 25 January 2017 20:51

Jual Alat Pemadam Portable

Written by
Rate this item
(1 Vote)

 

MEDIA ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR)

1. Dry Chemical Powder

Dry Chemical powder merupakan kombinasi dari fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. Yang fungsinya adalah bahwa hal itu mengganggu reaksi kimia yang terjadi pada zona pembakaran, sehingga api berhenti. Dry Chemical powder juga memiliki titik lebur yang rendah dan pada partikel yang sangat kering serta membengkak untuk membentuk penghalang yang hingga oksigen tidak dapat masuk sehingga dapat menutup area api, akhirnya api tidak akan menyala dikarenakan pijakan api ditutupi oleh Dry Chemical powder.

Merupakan media pemadam api serbaguna, aman dan luas pemakaiannya karena dapat mematikan api kelas A, B, dan C.

Dapat menahan radiasi panas dengan kabut partikelnya.

Tidak menghantarkan listrik (Non Konduktif).

Serbuk kimia kering tidak beracun (Non Toxic).

2.Carbon Dioxide (Co2)

Senyawa kimia yang terbentuk dari 1 atom karbon dan 2 atom oksigen, yang dapat

dihasilkan baik dari kegiatan alamiah maupun kegiatan manusia.

Dapat digunakan memadamkan kebakaran kelas B dan C karena merupakan bahan gas, Co2 tidak merusak, dengan daya guna yang efektif dan bersih.

Sangat efektif digunakan dalam ruangan tertutup/ In Door.

Dapat menyerap panas sekaligus mendinginkan.

Konstruksi tabung sangat kuat dan berat karena dirancang khusus untuk menahan tekanan tinggi dan dilengkapi dengan selang yang panjang dengan nozzle yang berbentuk corong.

3. Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam)

Foam AFFF adalah berbasis air dan sering mengandung surfaktan berbasis hidrokarbon seperti sulfat sodium alkyl, dan fluoro surfactant sepertifluorotelomers, asam perfluorooctanoic (PFOA), atau asam perfluorooctanesulfonic(PFOS). Mereka memiliki kemampuan untuk menyebar di permukaan cairan berbasis hidrokarbon. Alcohol-resistant aqueous film forming foams (AR-AFFF) adalah busa yang tahan terhadap reaksi dari alkohol, dapat membentuk lapisan pelindung ketika disemprotkan.

Dapat digunakan untuk memadamkan api kelas A namun sangat cocok bila digunakan untuk kelas B.

Bersifat Kondukstif (Penghantar Listrik). Tidak dapat dipakai untuk memadamkan api kelas C.

Foam bersifat ringan, efektif untuk memadamkan zat cair yang mudah terbakar dengan cara mengisolasi oksigen dan menutupi permukaan zat cair untuk menghindari api yang dapat menjalar kembali.

4. Client Agent/ Gas (Pengganti Hallon) / HCFC 141B

HCFC-141b is a hydrochlorofluorocarbon (HCFC). Merupakan senyawa dari 1,1-dichloro-1-fluoroethane dan Chemical Abstracts.

Merupakan pemadam api yang bersih dan tidak meninggalkan residu.

Sangat efektif untuk semua resiko kebakaran kelas A, B dan C.

Tidak menghantarkan listrik (Non Konduktif), sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik dan alat perkantoran modern lainnya.

CARA MENGGUNAKAN TABUNG PEMADAM API

Walaupun berbeda bentuk dan ukuran, namun berbagai merk Alat Pemadam Api Ringan umumnya memiliki cara kerja yang hampir sama :

Di dalam bahasa inggris terdapat singkatan untuk memudahkan kita mengingat cara menggunakan alat pemadam api ringan, yaitu :

P.A.S.S

Pull atau Tarik Pin hingga segel putus atau terlepas.

Pin berada diatas Tabung A.P.A.R (Alat Pemadam Api), Pin juga berfungsi sebagai pengaman, handle atau pegangan dari penekanan Alat Pemadam Api yang tidak disengaja.

Arahkan nozzle/Aim atau ujung hose Alat Pemadam Api yang kita pegang ke arah pusat api.

Squeeze atau Tekan handle atau Pegangan Untuk mengeluarkan/menyemprotkan isi tabung. Pada beberapa merk handle penyemprot terletak Dibagian ujung hose.

Sapukan nozzle/Sweep yang kita pegang ke arah Kiri dan Kanan api, agar media yang disemprotkan merata mengenai api yang sedang terbakar

Perlu diingat setiap jenis alat pemadam api ringan memiliki kemampuan jangkauan yang berbeda, disamping itu perhatikan arah angin sebelum kita mulai menyemprotkan isi tabung pemadam api ringan. Jangan sampai posisi kita berdiri berlawanan dengan arah angin, karena akan mebahayakan diri kita sendiri. Sebaiknya kita berdiri diposisi membelakangi arah angin selain untuk menghindari tiupan hawa panas juga menghindarkan kita dari media yg kita semprotkan kembali kearah kita.

CARA PEMILIHAN ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR)

Sebaiknya memilih APAR yang memiliki penunjuk pressure tekanan dalam tabung, sehingga dapat dilihat masih fungsi atau tidaknya tabung pemadam api tersebut.

Memilih tabung seamless (Tanpa Las), sehingga mengurangi bahaya kebocoran pada tabung pemadam api.

Telah diuji kelayakannya oleh Dinas PMK Laboratories.

Sebaiknya memilih atau membeli tabung pemadam api yang bergaransi.

CARA PENEMPATAN ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR)

Mudah terlihat, tidak terhalang oleh benda apapun.

Mudah dijangkau. Penempatan apar jangan terlalu tinggi, tidak melebihi standar PMK yaitu 120cm.

CARA PERAWATAN ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR)

Dilakukan pengecekan berkala per-6 bulan.

Untuk menghindari pembekuan media pada tabung pemadam api, harap dilakukan 1 kali pembolak-balikan tabung per-bulan.

Dilakukan pengecekan tekanan dalam tabung dengan mengecek pressure/indikator yang berada pada tabung pemadam api.

Dilakukan pengecekan selang pada tabung pemadam api.

Dilakukan pembersihan tabung untuk menghindari karat dan korosi.

 

Alat Pemadam Kebakaran Layanan Efeftif Terbaik Untuk Mengawasi, Melindungi, Menjaga Dan Melayani, Di Lokasi Anda Yang Kira- Kiranya Area,Tempat, Anda, yang Rentan Dari Bahaya Kebakaran Api, Dan Cocok Sekali Untuk PadamKan Berbagai Jenis Kebakaran Api Ringan, Dan Pastinya Di Awal Kebakaran, Perangkat Lunak Alat Pemadam Ini  Bisa Dengan Cepat Padam Kan Di semua Jenis Sumber Awal Kebakaran Api ,Dan Berbagai Macam Alat Kebakaran, Kami Sudah  Menyiap Kan Berbagai Jenis Alat Pemadam Kebakaran Untuk Anda Tinggal Sesuaikan Dengan  Ukuran Besar Kecil Nya Tempat Area Yang Anda Punya, Atau Tempat Rutinitas Anda Melakukan Aktifitas Untuk Menjaga Dari Bahaya Bencana Yang Rawan Timbul Nya kebakaran Api, Di Sekitar Area, Lokasi, Tempat Anda Melakukan Kerja  Aktifitas Sehari-hari Karena Lebih Baik Ada Tabung Pemadam Kebakaran Yang Kita Persiap Kan Dengan Cara Menggantung Kan Di dinding Atau Anda Tempat Kan Yang Mudah Untuk Langsung Bisa Cepat Di Ambil Di Saat Ada nya Kebakaran,  Masalah Nya Jauh Lebih Besar Di Banding Kan Aset-Aset Terbesar Anda,Di Banding Kan Harga Alat Pemadam Kebakaran, Fitur Baru Alat Pemadam Kebakaran Telah Tersedia Memungkin Kan Anda Menyesuiakan- 

Tabung Pemadam Kebakaran Memberikan Lisensi Yang Bersifat  Menjaga Bahan-Bahan ,Aset -Aset, Barang- Barang Atau Area Lokasi Yang Rentan Dengan Datang Nya Sumber Api Yang Kita Tidak Menduga Sebelum Nya Karena Kebakaran Biasa Terjadi  Kapan Saja Di Mana Saja Bisa Karena Kebocoran,Tabung LPG,Bisa Dengan Kebakaran Kertas,Kardus,Bisa Juga Terbakar Karena Bekas Spiritus ,Tinener, Bensin, Solar, Alkohol, Konsleting Listrik Tegangan Panel Gardu Yang Terus Memanas, Ruang KAbel Server YAng Eroor, Dan Lain Sebagainya.Berlaku Diseluruh Indonesia  Bahkan Seluruh Dunia ,Dan Sudah Banyak Contoh Kebakaran Yang Sudah Terjadi Yang Sering Kita LIhat Bahkan Merenggut Banyak Korban Jiwa, Maka Dari Itu Lebih Baik Kita Persiap Kan Sebelum Nya Tabung Pemadam Kebakaran Untuk Memudah Kan Memadam Kan Api Di Awal Kebakaran Terjadi, Lisensi Ini Hanya Agar Anda Dapat Mempersiap Kan Menggunakan Layanan Tabung Pemadam Kebakaran Dengan Cara Yang Di izin Kan Berdasarkan Persyaratan  Lulus Uji Dinas Pemadam Kebakaran/ Damkar- Layanan Perangkat Lunak Tabung Pemadam Kebakaran Terdiri Dari,

1. Jenis Isi Dry Chemical Powder

2. Jenis Isi Carbon Di okside C02

3. Jenis isi Foam Busa 

1.APAR DRY CHEMICAL POWDER
Kelas Kebakaran A – Benda Padat (Kain, Kayu, Kertas)
Kelas Kebakaran B – Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
Kelas Kebakaran C – Benda Gas (Elpiji, Tinner)
Kelas Kebakaran E – Electrikal (Dinamo, Motor Listrik)

2. APAR CO2
Kelas Kebakaran B – Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
Kelas Kebakaran C – Benda Gas (Elpiji, Tinner)
Kelas Kebakaran D – Logam (Magnesium, Misiu)
Kelas Kebakaran E – Electrikal (Dinamo, Motor Listrik)

3.APAR FOAM
Kelas Kebakaran A – Benda Padat (Kain, Kayu, Kertas)
Kelas Kebakaran B – Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
Kelas Kebakaran D – Logam (Magnesium, Misiu)

Alat Pemadam Kebakaran Api Ringan , Pengertian Alat Pemadam Api ringan adalah, Di mana ada kebakaran api kecil di awal kebakaran api dan alat pemadam kebakaran jenis ini sangat cocok untuk penolong pertama bisa memadam ken berbagai sumber awal kebakaran 

Alat Pemadam Kebakaran api ringan, Pengertian Alat Pemadam Api Ringan adalah. 

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau Portable Fire Extinguisher adalah alat-alat pemadam api dan kebakaran portabel dan mudah dibawa atau dipindahkan. Alat ini cocok digunakan sebagai perlengkapan keselamatan untuk ruangan yang terbatas, seperti dapur, ruang kantor dan lain-lain.

Alat Pemadam Kebakaran Api Portable Pengertian Tentang Alat Pemadam Api Portable Adalah

Berbagai Jenis Alat Pemadam Kebakaran dan Fungsinya

Berikut ini berbagai perbedaan jenis alat pemadam kebakaran beserta fungsinya dan beberapa jenis bahan yang terbakar. Alat Pemadam Api dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan jenis bahan yang terbakar seperti:

– Jenis Api kelas A, bahan yang terbakar adalah Benda Padat (Kain, Kayu, Kertas)
– Jenis Api kelas B, bahan yang terbakar adalah Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
– Jenis Api kelas C, bahan yang terbakar adalah Benda Gas (Elpiji, Tinner)
– Jenis Api kelas D, bahan yang terbakar adalah Logam (Magnesium, Misiu)
– Jenis Api kelas E, bahan yang terbakar adalah Electrikal (Dinamo, Motor Listrik)

Alat Pemadam Kebakaran

Berikut ini pembagian jenis Alat Pemadam Kebakaran beserta Fungsinya:

1. APAR atau Alat Pemadam Api Ringan merupakan alat pemadam kebakaran yang mudah untuk dibawa dan dapat dioperasikan satu orang. yang dilengkapi Alat Pengukur Tekanan (Pressure Gauge) yang berfungsi untuk menunjukkan tekanan pada tabung. Hal tersebut dapat membantu memudahkan kita untuk dapat mengontrol kinerja dari tabung pemadam. Untuk ukurannya Alat Pemadam Api  memiliki berat dari 1-9Kg. Khusus untuk Tabung Pemadam Api berisi Carbon Dioxide memiliki berat 2-7Kg (Standar).

Ada tiga Alat Pemadam Api Ringan seperti:
– Foam
– Dry Chemical Powder
– CO2 (Carbon Dioxide)

APAR FOAM
Kelas Kebakaran A – Benda Padat (Kain, Kayu, Kertas)
Kelas Kebakaran B – Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
Kelas Kebakaran D – Logam (Magnesium, Misiu)

APAR DRY CHEMICAL POWDER
Kelas Kebakaran A – Benda Padat (Kain, Kayu, Kertas)
Kelas Kebakaran B – Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
Kelas Kebakaran C – Benda Gas (Elpiji, Tinner)
Kelas Kebakaran E – Electrikal (Dinamo, Motor Listrik)

APAR CO2
Kelas Kebakaran B – Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
Kelas Kebakaran C – Benda Gas (Elpiji, Tinner)
Kelas Kebakaran D – Logam (Magnesium, Misiu)
Kelas Kebakaran E – Electrikal (Dinamo, Motor Listrik)

fire-stop-alat-pemadam-kebakaran-api-portable

 

Alat Pemadam Api Portable merupakan alat pemadam api dapat dengan mudah dibawa dan dapat dioperasikan oleh satu orang saja. Salah satu contohnya adalah Fire Stop – Alat Pemadam Api Mini Portable. Alat Pemadam Api Fire Stop dapat digunakan untuk memadamkan api kecil. Umumnya Alat Pemadam Api Portable memiliki berat 1-2kg dan hanya dapat digunakan sekali pakai atau tidak dapat di isi ulang kembali.

Alat Pemadam Api Merk Fire Indo merupakan kategori Harga Alat Pemadam Api Murah dengan kwalitas lokal, namun telah memenuhi Standard Uji Laboratorium Dinas dPemadam Kebakaran DKI Jakarta.

Alat Pemadam Api Merk Fire Indo ukuran 3 kg jenis Dry Chemical Powder, biasa digunakan pada Ruangan Kantor atau Rumah. Alat pemadam api Fire Indo dapat memadamkan api dari bahan kayu, kertas, plastik (Kelas A), minyak, solar, bensin (Kelas B), listrik, elektronik, panel (Kelas C).

Alat pemadam api Fire Indo merupakan produk lokal yang telah kami patenkan merknya sejak tahun 1012.

Spesifikasi Alat Pemadam Api ini adalah  :

  • Merk : Fire Indo
  • Bahan Pemadam : Foam
  • Class : BC (Kertas, Kayu, Plastik, Minyak, Solar, Bensin, Elektronik dan Listrik)
  • Fungsi : Ruangan Sedang,  Ruangan Besar, POM Bensin dan ElektronikTinggi keseluruhan : 485 ( mm )Diameter tabung : 125 ( mm )Temperatur kerja : -20 S/ d 60 (°C )Tekanan dalam tabung : 15 ( Bar )Tes tekanan : 25 ( Bar )Waktu semprot : 10 ( Detik )Jarak penyemprotan : 2 S/ d 8 ( M ) Efektif penyemprotan : 95 ( % )Berat Total : 4,5 ( Kg )Fire rating : 4a 20bKonstruksi tabung sangat kuat dan berat karena dirancang khusus untuk menahan tekanan tinggi dan dilengkapi dengan selang yang panjang dengan nozzle yang berbentuk corong. 

Selain Menjual Alat Pemadam Api Fire Indo ini,  Kami juga menjual berbagai merk alat pemadam api lainnya seperti :  alat pemadam api Altek, alat pemadam api  Chubb,  alat pemadam api Gunnebo,   alat pemadam api Hatindo,  alat pemadam api Hercules,  alat pemadam api Servvo,  alat pemadam api Starvvo,  alat pemadam api Viking, alat pemadam api Yamato, alat pemadam api Eversafe, Alat Pemadam  Api Fireindo dan alat pemadam api lainnya.

kami juga menyediakan jasa refill / isi ulang tabung pemadam api (APAR).

Untuk setiap pembelian alat pemadam ini GRATIS Biaya Pengiriman untuk Alat Pemadam Api ini ke daerah Jakarta – bogor – Tangerang – bekasi .

Karena di produksi di dalam negeri, Harga Alat Pemadam Api ini sangat murah yaitu mulai dari Rp. 125.000,-

Berikut Spesifikasinya :

Merk : FIRE INDO
Ukuran : 3 Kg
Type : Dry Chemical Powder 
Class : ABC (Kayu, Plastik, Karet, Kertas, Minyak, Solar, Bensin dan Listrik) 
Fungsi : Ruangan Kantor dan Rumah. 
Harga : Rp. 480.000,- 
Antar Gratis : Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi

Tinggi keseluruhan : 485 ( mm )

Diameter tabung : 125 ( mm )

Temperatur kerja : -20 S/ d 60 (°C )

Tekanan dalam tabung : 15 ( Bar )

Tes tekanan : 25 ( Bar )

Waktu semprot : 10 ( Detik )

Jarak penyemprotan : 2 S/ d 8 ( M ) 

Efektif penyemprotan : 95 ( % )

Berat Total : 4,5 ( Kg )

Fire rating : 4a 20b

Deskripsi Tabung Apar ABC Powder: 

Tabung Pemadam Api (Tabung Apar ABC Powder 3Kg)

Dengan isi Media Dry Chemical Powder adalah Modern yang sangat mudah untuk digunakan dalam penanggulangan bahaya kebakaran. Dry Chemical Powder Merupakan kombinasi dari fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. Yang berfungsi mengganggu reaksi kimia yang terjadi pada zona pembakaran, sehingga api padam. Dry Chemical Powder juga memiliki titik lebur yang rendah dan pada partikel yang sangat kering serta membengkak untuk membentuk penghalang yang hingga oksigen tidak dapat masuk sehingga dapat menutupi area kebakaran ( pijakan api) , akhirnya api tidak akan menyala dikarenakan pijakannya ditutupi oleh Dry Chemical Powder.

 Alat Pemadam Kebakaran

 

  • Merk : Fire Indo
  • Bahan Pemadam : C02
  • Class : BC (Kertas, Kayu, Plastik, Minyak, Solar, Bensin, Elektronik dan Listrik)
  • Fungsi : Ruangan Sedang,  Ruangan Besar, POM Bensin dan ElektronikTabung Pemadam Api (Tabung Apar Co2 5Kg)Tabung Pemadam Api (Tabung AparCo2)Tinggi keseluruhan : 920 ( mm )Diameter tabung : 140 ( mm )Temperatur kerja : -20 S/d 55 ( 'C )Tekanan dalam : 68 ( Bar )Tes tekanan : 218 ( Bar )Waktu semprot : 20 ( Detik )Jarak penyemprotan : 3 S/d 6 ( M )Efektif penyemprotan : 97 ( % )Berat Total : 21.9 ( Kg )Fire rating : 6BDeskripsi Tabung Pemadam Api Co2 BC  : Co2 adalah Senyawa/bahan kimia yang terbentuk dari 1 atom karbon + 2 atom oksigen, yang dapat dihasilkan baik dari kegiatan alamiah maupun kegiatan manusia.Dapat digunakan memadamkan kebakaran kelas B dan C karena merupakan bahan gas, Co2 tidak merusak, dengan daya guna yang efektif dan bersih.Sangat efisien serta efektif digunakan dalam ruangan seperti kantor, lab dan ruangan lainnya.Carbon Dioxide (Co2) dapat menyerap panas dan sekaligus mendinginkan.Konstruksi tabung dirancang khusus untuk menahan tekanan tinggi dan dilengkapi dengan selang yang panjang dengan nozzle yang berbentuk corong.Tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia.Keuntungan dan layanan :Gratis ongkos kirim untuk pembelian daerah JABODETABEK (Jakarta, Depok, Bogor, Tanggerang, Bekasi).Diberikan demo/ Pelatihan cara menggunakan ratis untuk daerah JABODETABEK (Jakarta, Depok, Bogor, Tanggerang, Bekasi).Garansi tekanan dalam tabung 2 tahun selama segel pin masih utuh.Sticker arah pemadam api gratis untuk memudahkan dalam menentukan area penempatan serta memudahkan dalam pengecekan apar.Dilakukan pengecekan berkala per-6 bulan.Saran dan Tips Tabung Apar ABC Powder ditempatkan pada tempat yang mudah terlihat, tidak terhalang oleh benda apapun. mudah dijangkau. Penempatan apar jangan terlalu tinggi, tidak melebihi standar PMK yaitu 120cm atau 20-30cm diatas permukaan lantai.Untuk menghindari pembekuan media pada harap dilakukan 1 kali pembolak-balikan tabung per-bulan.Dilakukan pengecekan tekanan dalam tabung dengan mengecek pressure/indikator yang berada pada tabung pemadam api. Dilakukan pengecekan selang pada Dilakukan pembersihan ntuk menghindari karat dan korosi.Alat Pemadam Api Fire Indo merupakan salah satu produk  Alat Pemadam Api dalam negeri. Alat Pemadam Api ini di Produksi Oleh PT. Global Proteksindo. Tempat Produksi Alat Pemadam Api ini adalah di Komplek Perindustrian Jl.Amd manunggal no 99 – cadas Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur tangerang 15000, Banten Indonesia. Alat Pemadam Api telah lulus uji coba yang di lakukan di Dinas Pemadam kebakan.Alat Pemadam Api Fire indo ini menggunakan Sistem pengecatan dengan Powder Coating, tahan terhadap sinar Ultra Violet, sehingga dapat diletakkan di dalam dan di luar ruangan.
    Penggunaan Marine Coating dapat dilakukan atas permintaan pelanggan (tambahan).
    Pin Pengaman yang jelas dengan stainles steel dan security ties.
    Mudah untuk dioperasikan serta dilengkapi dengan petunjuk pemakaian yang jelas.
    Alat Pemadam Api ini menggunakan Label memakai teknologi printing diatas tabung.
    Semua alat  pemadam api dapat diisi kembali dengan layanan purna jual dan suku cadang yang tersedia di 21 lokasi kantor cabang diseluruh Indonesia dan juga layanan mobile service refilling vanSelain Menjual Alat Pemadam Api Fire Indo ini,  Kami juga menjual berbagai merk alat pemadam api lainnya seperti :  alat pemadam api Altek, alat pemadam api  Chubb,  alat pemadam api Gunnebo,   alat pemadam api Hatindo,  alat pemadam api Hercules,  alat pemadam api Servvo,  alat pemadam api Starvvo,  alat pemadam api Viking, alat pemadam api Yamato, alat pemadam api Eversafe, Alat Pemadam  Api Fireindo dan alat pemadam api lainnya.

Thermatic System 

(System Sprinkler) atau Alat Pemadam Api Thermatic merupakan Alat Pemadam Api Otomatis. Untuk Thermatic System terpasang secara modulair yang terdapat di plafon. Pemasangan dan banyaknya modul dapat disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan ruangan yang akan dilindungi. Alat Pemadam Api Otomatis ini akan berfungsi jika ada asap atau adanya api yang menyala dan terdeteksi oleh sensor.

Alat Pemadam Api Otomatis yang terpasang dalam satu ruangan akan berfungsi secara bersamaan dikarenakan pada ujung sprinkler untuk alat ini sudah dilengkapi dengan Actuator yang merupakan sistem elektronik. Alat ini memiliki fungsi sebagai Thermatic yang artinya bila adanya kegagalan fungsi elektronik, maka akan tetap bekerja dari panas temperatur ± 68°C.

4. Trolley merupakan Alat Pemadam Api Berat (APAB) yang memiliki Roda. Alat Pemadam Api ini dilengkapi Regulator yang berfungsi untuk mengatur tekanan dari gas CO2/N2. Alat Pemadam Api ini umumnya ditempatkan di area pengisian bahan bakar. Untuk Tabung Alat Pemadam Api ini memiliki berat dari 20-80 Kg dan harus dioperasikan oleh 2 orang atau lebih. Khusus bagi Alat Pemadam Api yang memiliki isi Carbon Dioxide memiliki ukuran berat dari 9-45Kg (Standar).

Isi Tabung Pemadam Kebakaran, Isi Tabung Pemadam Kebakaran Adalah

JENIS ISI TABUNG PEMADAM KEBAKARAN
Alat pemadam api Portable ( APAR ) terdiri dari beberapa jenis media isi yaitu ABC Dry Chemical Powder, CO2 ( Carbon dioxide), Gas Cair, Foam / Super busa. Masing - masing media isi tabung pemadam tersebut mempunyai keunggulannya sendiri dalam memadamkan api. Penting untuk memahami karakter masing - masing jenis media isi agar kita lebih bijak dalam penggunaannya saat terjadi bencana kebakaran.
Mari kita bahas jenis media isi tabung pemadam api, satu persatu :

1.  ABC Dry Chemical Powder / Serbuk
Alat pemadam api dengan isi Powder adalah jenis isi yang paling populer digunakan karena harganya yang cukup ekonomis dan mampu memadamkan api kelas kebakaran A, B, dan C.
Dry Chemical Powder berbahan dasar zat kimia Mono Ammonium Phospate ( MAP ), kandungan didalamnya adalah campuran dari Mono Ammonium Phospate dengan Ammonium Sulfate dan zat lain. Campuran tersebut biasanya membentuk komposisi 60 - 40%, 80 - 20 %, atau 90 - 10 % tergantung dari standar yang diterapkan. Semakin tinggi kandungan konsentrat MAP, semakin bagus daya padam powder tersebut.
ABC Dry Chemical Powder  70%
Kebanyakan ABC Dry Chemical Powder yang Dijual dan digunakan di indonesia mengandung MAP 70%, biasa dipasarkan dengan warna pink, kuning, atau putih. Memiliki kelemahan yaitu lebih rentan terhadap penggumpalan ( caking ) yang menyebabkan serbuk tidak keluar atau tidak lancar keluar dari tabung pemadam.
VINCI EN-80 / ABC Dry Chemical Powder 80% EN-STANDARD

Fakta bahwa ABC Dry Chemical Powder yang dijual dan digunakan di Indonesia memiliki kualitas dan daya tahan yang kurang baik, maka perusahaan kami bekerja sama dengan beberapa perusahaan produsen menemukan ide untuk menciptakan campuran yang tepat agar ABC Powder yang dijual dan digunakan di Indonesia memiliki kualitas daya padam dan ketahanan yang bagus. Hasilnya ABC Powder ini memiliki kemampuan memadamkan api yang lebih sempurna, dan tahan terhadap penggumpalan (caking). ABC Powder ini juga memiliki sertifikasi dari Appragaz, TUV safety & quality control, dan EN (Europian Standard). Telah digunakan oleh perusahaan - perusahaan ternama di tanah air dan telah digunakan oleh instansi pemerintah Indonesia.

2.Carbondioxide  CO2 
Gas karbon dioksida merupakan salah satu zat kimia bersih yang digunakan sebagai salah satu bahan untuk pemadam api. Berupa gas yang sangat dingin berfungsi mematikan api dengan mengambil unsur oksigen. Alat pemadam api dengan media karbon dioksida (CO2) dapat digunakan untuk memadamkan api kelas kebakaran B ( bahan bakar cair) dan kelas kebakaran C ( listrik).

3.  Gas Cair Non Hallon,Gas HCFC 123 /  141 B
Pemadam api jenis ini banyak diminati oleh perusahaan dan individu karena bersih atau tidak meninggalkan bekas lain halnya pemadam api ABC Powder atu Foam yang meninggalkan bekas.
Pemadam api dengan media Gas HCFC memiliki kemampuan memadamkan api kelas kebakaran A, B, dan C.  Pemadam api Gas HCFC sangat cocok digunakan untuk kebakaran yang dipicu oleh listrik karena sifatnya yang tidak menghantarkan listrik dan bersih, sehingga tidak merusak alat elektronik dan mesin - mesin industri di sekitar yang tidak terkena api.

4.  Foam / Superbusa (AFFF)
Pemadam api dengan media Foam / Superbusa merupakan busa mekanik campuran dengan air berfungsi sangat baik untuk kelas kebakaran A & B. Aqueous Film Forming Foam (AFFF) saat disemprotkan segera mengembang membentuk suatu lapisan film untuk mencegah penguapan bahan bakar dan masuknya udara, sehingga mencegah terjadinya pembakaran kembali. Namun tidak diperbolehkan untuk kelas kebakaran C ( listrik ), karena sifatnya yang menghantarkan listrik dan dapat membahayakan bagi pengguna pemadam api

Nama Tabung Pemadam Kebakaran Atau Alat Pemadam Kebakaran Terdiri Dari :seperti :  alat pemadam api Altek, alat pemadam api  Chubb,  alat pemadam api Gunnebo,   alat pemadam api Hartindo,  alat pemadam api Hercules,  alat pemadam api Servvo,  alat pemadam api Starvvo,  alat pemadam api Viking, alat pemadam api Yamato, alat pemadam api Eversafe, Alat Pemadam  Api Fireindo dan alat pemadam api lainnya. Semua  Media Alat Pemadam Kebakaran, Atau Alat Pemadam Kebakaran Api Semuanya Sama Karena Cara Kerja tabung Pemadam Kebakaran Semua bertujuan Untuk Menyelamat kan Dari Bencana Kebakaran Dan untuk memadam kan Di Awal Kebakaran Sumber Api Yang Membedakan Adalah Kwalitas Daya tahan Tabung Pemadam kebakaran ,baik itu tabung nya sendiri, valfe gagang ,Selang, Presure, Cat tabung, yang terpenting juga Termasuk Isi tabung pemadam ,Dan besar kecil nya tabung yang kita beli harus sesuai jenis tipe dan isi tabung pemadam supaya tidak salah memilih alat pemadam kebakaran Yang kita pasang diruangan anda Contoh Memilih Media Alat pemadam kebakaran Adalah: 

Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam)Foam AFFF adalah berbasis air dan sering mengandung surfaktan berbasis hidrokarbon seperti sulfat sodium alkyl, dan fluoro surfactant sepertifluorotelomers, asam perfluorooctanoic (PFOA), atau asam perfluorooctanesulfonic(PFOS). Mereka memiliki kemampuan untuk menyebar di permukaan cairan berbasis hidrokarbon. Alcohol-resistant aqueous film forming foams (AR-AFFF) adalah busa yang tahan terhadap reaksi dari alkohol, dapat membentuk lapisan pelindung ketika disemprotkan.Dapat digunakan untuk memadamkan api kelas A namun sangat cocok bila digunakan untuk kelas B.Bersifat Kondukstif (Penghantar Listrik). Tidak dapat dipakai untuk memadamkan api kelas C.Foam bersifat ringan, efektif untuk memadamkan zat cair yang mudah terbakar dengan cara mengisolasi oksigen dan menutupi permukaan zat cair untuk menghindari api yang dapat menjalar kembali.4. Client Agent/ Gas (Pengganti Hallon) / HCFC 141BHCFC-141b is a hydrochlorofluorocarbon (HCFC). Merupakan senyawa dari 1,1-dichloro-1-fluoroethane dan Chemical Abstracts.Merupakan pemadam api yang bersih dan tidak meninggalkan residu.Sangat efektif untuk semua resiko kebakaran kelas A, B dan C.Tidak menghantarkan listrik (Non Konduktif), sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik dan alat perkantoran modern lainnya.

Posisi, Ukuran dan Jenis Isi Alat Pemadam Kebakaran Portable

 

Alat Pemadam Api Fire Indo Dry Chemical Powder Portable 1 kg

Alat Pemadam Api atau APAR merupakan salah satu alat pemadam yang cukup laris dipasaran. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, berkat ukuran dan bobotnya yang masih bisa dioperasikan dengan 1 orang ini sanggup membuatnya menjadi primadona untuk dimiliki oleh setiap kantor, rumah sakit, hotel, bahkan mobil.

Ya saat ini sudah banyak pengemudi mobil yang sadar akan pentingnya menghadirkan APAR di dalam bagasi mobilnya. Alasannya cukup masuk akal, karena kelistrikan pada mesin mobil yang tidak bisa di cek secara berkala dapat membuat mobil berharga puluhan hingga ratusan juta rupiah terbakar hingga habis.

Tentu saja daripada kehilangan mobil karena hangus terbakar menjadi debu, akan lebih baik menyempatkan diri untuk membeli alat pemadam api ringan dengan harga ratusan ribu rupiah untuk jaga-jaga. Walaupun tidak digunakan untuk memadamkan api di mobil sendiri, tapi sangat mungkin sekali dapat digunakan untuk memadamkan mobil-mobil lain terutama angkutan umum yang sangat minim sekali perawatan.

Perlu Anda ketahui, untuk Alat Pemadam Api Ringan yang cocok untuk mobil adalah yang menggunakan material pemadam berjenis

atau Serbuk Kimia Kering. Alasannya cukup sederhana, karena penyebab kebakaran di mobil biasanya akibat arus pendek listrik yang memicu api di ruang bensin.

Dry Chemical untuk jenis Alat Pemadam Api Ringan bagi mobil ini bekerja dengan cara mengganggu reaksi kimia yang terjadi pada zona pembakaran agar api dapat padam. Dan partikel keringnya yang digunakan dapat mencegah api (membentuk penghalang) pada aera yang sudah dipadamkan agar tidak terpicu (terbakar) lagi. Selain itu, APAR yang menggunakan Dry Chemical Powder sendiri juga bersifat isolator (non-konduktif) alias tidak menghantarkan arus listrik sehingga saat terjadi pemadaman terhadap mobil yang terbakar tidak akan menyebabkan penggunanya tersetrum. Apabila bus yang terbakar, maka Dry Chemical Powder ini akan membentuk kabut agar aroma hangus dari kebakaran tidak menyebabkan penggunanya keracunan / pingsan saat upaya pemadam kebakaran.

Dengan segala manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan Alat Pemadam Api Ringan berjenis Serbuk Kimia kering ini, diharapkan Anda menjadi tidak ragu lagi untuk segera menyiapkan budget untuk mengamankan mobil yang berharga Anda dari ancaman kebakaran. Sebab karena kebakaran tidak dapat dihindari, walaupun Anda sudah memiliki asuransi kendaraan namun kehilangan kendaraan akibat kelalaian pengemudinya tidak akan membuat klaim asuransinya cair. Jadi lebih baik kehilangan mobil atau menyiapkan alat pemadam api ringan? Itu pilihan Anda

Dalam rilis yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), didapatkan kesimpulan bahwa 63% dari total kebakaran yang terjadi di Indonesia dalam rentang waktu tahun 2002—2011 terjadi karena hubungan arus pendek listrik. Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara memadamkan api yang berasal dari korsleting listrik ini? Apakah cukup diguyur dengan air?

Dalam Perda DKI Jakarta No. 3 Tahun 1992, kebakaran yang disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik masuk ke dalam kebakaran kelas C. Kebakaran jenis ini dapat dipadamkan dengan cepat apabila kita menggunakan bahan kimia dan gas sebagai alat pemadam utama. Artinya, ketersediaan 

yang berisi gas karbondioksida, dapat meminimalisasi risiko kerugian jika terjadi hubungan arus pendek listrik di rumah atau di kantor.

Kita sudah mengetahui apa yang harus dilakukan apabila terjadi kebakaran akibat hubungan arus pendek listrik. Sekarang, alangkah baiknya apabila kita juga mengetahui cara memangkas masalah dari akarnya. Inilah 5 Langkah Mudah untuk mencegah hubungan arus pendek listrik:

Gunakanlah material listrik seperti kabel, saklar, dan stop kontak yang memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI), Lembaga Masalah Kelistrikan (LMK), dan Standar PLN (SPLN).

Gantilah kabel listrik jika sudah mengelupas karena kabel listrik yang mengelupas dapat menciptakan bunga api saat terkena zat cair.

Janganlah menumpuk-numpuk stop kontak pada satu sumber listrik sehingga tidak terjadi korsleting akibat kabel listrik yang kelebihan muatan.

Periksalah instalasi listrik di rumah secara berkala, misalnya setiap lima tahun.

Hindarilah pencurian listrik dengan cara apapun.

APAR ) harus ditempatkan di tempat-tempat yang memenuhi syarat sebagai berikut :

Setiap Jarak 15 meter.

Ditempat yang mudah di jangkau dan dilihat.

Pada jalur keluar arah refleks pelarian.

Memperlihatkan suhu sekitarnya.

Tidak terkunci.

Memperhatikan jenis dan sifat bahanyang dapat terbakar.

Intensitas kebakaran yang mungkin terjadi  seperti jumlah bahan bakar, ukurannya, kecepatan menjalarnya.

Orang yang akan menggunakannya.

Kemungkinan yang mungkin timbulnya reaksi kimia.

Efek terhadap keselamatan dan kesehatan orang yang menggunakannya.

Alat Pemadam Api Ringan ( APAR ) hanya sebatas untuk memadamkan api pada mula kebakaran dengan ukuran relatif kecil dan dalam waktu tidak lebih dari 3 menituntuk bahan cair dan gas tidak lebih dari 10 menit untuk bahan padat.

Di era globalisasi serba modern, alat pemadam api makin berkembang mengikuti kemajuan zaman. Di zaman dahulu, alat pemadam api tidaklah spesifik dan sangat sederhana, medianya hanya air dan alatnya mungkin seperti ember dan wadah lainnya yang bisa menampung air untuk memadamkan kebakaran. Dengan adanya kemajuan teknologi, maka ditemukannya terobosan baru. Pemadaman kebakaran dilakukan dengan alat yang spesifik, mulai dari mobil Pemadam Kebakaran (DAMKAR), Tabung berkapasitas besar (trolley unit), Tabung portable unit, dan bahkan alat pemadam yang dilengkapi dengan Smoke Detector serta Alarm. Atas dasar pentingnya pengetahuan tentang penanggulangan bahaya kebakaran, serta bagaimana cara menggunakan alat pemadam api dengan baik dan benar, penulis ingin menerangkan tentang Tabung Pemadam Api. 

PENGERTIAN ALAT PEMADAM API RINGAN | APAR 

APAR Adalah Suatu alat berupa tabung yang diisi dengan media yang dapat mengatasi serta memadam kebakaran pada awal terjadinya api

Tabung pemadam kebakaran/api memiliki dua jenis yaitu berupa api ringan (APAR) atau alat pemadam kebakaran api berat (APAB). Perbedaan keduanya hanya terletak pada besar dan kecil alatnya. Pada apar alatnya lebih kecil dan portable. Sedangkan pada APAB memiliki ukuran yang lebih besar sehingga biasanya dipakai dengan menggunakan trolly. Jika suatu kebakaran yang terjadi hanya api kecil atau hanya digunakan untuk pertolongan pertama biasanya menggunakan APAR, sedangkan jika api lebih besar menggunakan APAB. Umumnya banyak digunakan APAR pada sekolah dan rumah-rumah, dan digunakan APAB pada gedung yang lebih besar. lalu bagaimana Fungsi Tabung Pemadam Kebakaran menurut tipe medianya?

Fungsi Tabung Pemadam Kebakaran sesuai jenis kebakaran

Dry Powder

Fungsi tabung pemadam kebakaran pada 

yaitu dapat memadamkan kebakaran pada benda padat, cair, maupun elektrikal. Alat ini terdiri dari Mono-ammonium phosphate and Ammonium sulphate, dan tergolong perlatan pemadam kebakaran yang lebih murah dan efisien sehingga termasuk jenis alat yang banyak penggunanya.

Cara kerja alat ini yaitu dengan menyelimuti area kebakaran agar tidak berinteraksi dengan oksigen. Sebaiknya dalam pemanfaatan fungsi tabung pemadam kebakaran jenis ini, hindari kontak dengan mata dan pernafasan.

Karbon Dioksida (CO2)

Pada pemadam kebakaran dari CO2 saat erada di dalam tabung berbentuk cair, namun saat disemprotkan berbentuk gas. Cara kerja alat ini yaitu dengan mendorong oksigen sampai batas minimal sehingga mempersempit proses reaksi oksigen dengan unsure lain. maka nyala api dapat dikendalikan. Fungsi tabung pemadam kebakaran dengan CO2 untuk memadamkan api oleh elektrikal seperti akibat konsleting listrik atau peralatan elektronik lain yang terbakar.Dikarenakan sifatnya yang tidak meninggalkan residu, serta aman untuk peralatan elektronik menjadikan alat ini banyak menjadi pilihan. Sebaiknya saat menggunakan

jenis ini menggunakan brething apparatus sehingga dapat memudahkan dalam bernafas saat memadakan api, dan menghindarkan diri dari menghirup udara langsung yang dapat mengganggu pernafasan.

media kebakaran dry chemical powder kelas a,b, dan, c

Kebakaran merupakan suatu kejadian yang mengakibatkan kerugian baik secara material maupun non material. Dalam penanganan kebakaran, ada beberapa hal yang harus diketahui antara lain jenis kebakaran yang terjadi. Kebakaran sendiri secara umum dibagi menjadi kelas a, b, dan c. Kebakaran kelas A adalah jenis kebakaran yang terjadi pada kertas, plastik, kain dan sejenisnya. Kebakaran kelas B adalah  jenis kebakaran yang terjadi pada bahan bakar cair dan gas. kebakaran kelas C adalah jenis kebakaran yang terjadi akibat arus listrik. apabila kita telah mengetahui jenis kebakaran yang berlangsung maka kita dapat menentukan jenis media

yaitu dapat memadamkan kebakaran pada benda padat, cair, maupun elektrikal. Alat ini terdiri dari Mono-ammonium phosphate and Ammonium sulphate, dan tergolong perlatan pemadam kebakaran yang lebih murah dan efisien sehingga termasuk jenis alat yang banyak penggunanya.

Cara kerja alat ini yaitu dengan menyelimuti area kebakaran agar tidak berinteraksi dengan oksigen. Sebaiknya dalam pemanfaatan fungsi tabung pemadam kebakaran jenis ini, hindari kontak dengan mata dan pernafasan.

Prinsip kerja dari bubuk kimia kering adalah dengan memutuskan salah satu dari tiga syarat terbentukya api. Bubuk kimi akering akan menutupi material yeng terbakar sehingga oksigen tidak dapat supplai sehingga api pun lama kelamaan akan padam. Serbuk kimia yang digunakan umumnya berupa partikel-partikel halus seperti sodium bicarbonate-, potassium bicarbonate-, atau ammonium phosphate-based. Bahan kimia diatas merupakan komponen utama dan komponen tambahan yang digunakan sebagai pelengkap adalah bahan pelembab dan bahan kimia yang mengurangi viskositas serbuk agar mudaha mengalir. Pada dasarnya serbuk yang digunakan merupakan serbuk kimia yang inert (yang tidak ikut bereaksi) dan serbuk silika yng dicapurkan dnegan sodium bikarbonat. Di dalam tabung terdapat tabung kecil yang berfungsi untuk menyimpan gas

Serbuk yang keluar akan segera menutupi bahan yang terbakar sehingga oksigen tidak dapat masuk dan membentuk api.Serbuk yang keluar akan segera menutupi bahan yang terbakar sehingga oksigen tidak dapat masuk dan membentuk api.

Jika menyemprotkan alat

Jika menyemprotkan alat pemadam kebakaran tipe bubuk kering, perhatikan di sekeliling ruangan titik kebakaran. usahankan tidak ada alat yang korosif  apabila terkena bubuk kering. Selain itu, penyemprotan yang banyak dapat mengakibatkan gangguan kesehatan khususnya pernafasan

di bawah ini adalah beberapa bahan kimia yang dianjurkan untuk digunakan sebagai media pemadaman:

– Sodium bikarbonat 97%

– Magnesium stearote 11/2%

– Magnesium karbonat 1%

– Trikalsium karbonat ½%

Dry Chemical Powder Pemadam Kebakaran dari  telah lolos sertifikasi Dinas Pemadam Jakarta dan Semarang dan layak untuk diperjual belikan di Indonesia.

Ukuran : 1 kg sd 86 Kg Type : Dry Chemical Powder

Class : ABC (Kayu, Plastik, Karet, Kertas, Minyak, Solar, Bensin dan Listrik)

Fungsi : Apartmen, Hotel, Perkantoran, Gedung, Baseman Parkir, Pabrik, SPBU, dan ruangan besar lainnya.

Karbon Dioksida (CO2)

Pada pemadam kebakaran dari CO2 saat erada di dalam tabung berbentuk cair, namun saat disemprotkan berbentuk gas. Cara kerja alat ini yaitu dengan mendorong oksigen sampai batas minimal sehingga mempersempit proses reaksi oksigen dengan unsure lain. maka nyala api dapat dikendalikan. Fungsi tabung pemadam kebakaran dengan CO2 untuk memadamkan api oleh elektrikal seperti akibat konsleting listrik atau peralatan elektronik lain yang terbakar.Dikarenakan sifatnya yang tidak meninggalkan residu, serta aman untuk peralatan elektronik menjadikan alat ini banyak menjadi pilihan. Sebaiknya saat menggunakan jenis ini menggunakan brething apparatus sehingga dapat memudahkan dalam bernafas saat memadakan api, dan menghindarkan diri dari menghirup udara langsung yang dapat mengganggu pernafasan.

Alat pemadam api CO2 adalah alat pemadam kebakaran yang sangat popular karena sangat efektif terhadap cairan yang mudah terbakar seperti propane, butane, pelarut dan bensin. Alat pemadam kebakaran

ini pun berguna dalam mengatasi kebakaran yang diakibatkan oleh peralatan listrik, karena tidak meninggalkan residu (bubuk ataupun busa) saat memadamkan api. Alat pemadam api CO2 dibuat berdasarkan standar British EN3, dicat warna merah terang dengan label hitam di atas petunjuk penggunaan. Pada tahun 1995, alat pemadam kebakaran ini diproduksi dengan standar Inggris dan dicat hitam seluruhnya. Alat pemadam api CO2 tersedia dalam ukuran yaitu ukuran 2 kg dan 5 kg. Alat pemadam kebakaran tipe CO2 yang terbesar tersedia dalam ukuran 45 kg. Namun ukuran ini biasanya digunakan untuk offshore dan bandara.

Di mana alat Pemadam Api CO2 Biasa Digunakan ?

Alat pemadam api CO2 adalah alat pemadam yang paling cocok digunakan pada kebakaran kelas B (cairan yang mudah terbakar) dan peralatan listrik. Pemadam ini aman untuk digunakan pada peralatan listrik untuk perkantoran, workshop, klub malam, dan tempat-tempat lain yang menggunakan peralatan listrik. Alat pemadam ini sebaiknya disimpan pada tempat  yang tidak beresiko terjadinya kebakaran.

Bagaimana Cara Kerja Alat Pemadam Kebakaran CO2 adalah alat pemadam kebakaran yang mengandung karbon dioksida fase cair dengan tekanan 55 bar atau 825 psi dalam silinder bertekanan. Ketika alat pemadam dibuka, karbon dioksida mengembang sehingga membentuk fase gas. Gas CO2 yang dikeluarkan oleh pemadam akan menggantikan oksigen yang ada di sekeliling api sehingga api pun akan padam. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa oksigen merupakan salah satu elemen dari segitiga api (penyebab terjadinya api), dengan hilangnya oksigen maka segitiga api menjadi tidak sempurna sehingga api pun tidak akan dapat terbentuk dengan kata lain, api yang mulanya terbentuk akan padam jika kadar oksigen hilangkan.

Selang Anti Beku pada Alat Pemadam Api CO2

Apabila Anda membeli tipe bahan kimia CO2, maka Anda akan diberikan selang anti beku. Hal ini karena gas CO2 yang dilepaskan dari alat pemadam ini sangat dingin. Penggunaan pemadam tipe karbon dioksida tanpa memegang selang anti beku akan menyebabkan jari-jari menjadi beku dan cedera yang serius. Selang anti beku ini dirancang untuk dapat menahan efek pembekuan gas karbon dioksida, dan dapat dipegang oleh pengguna. Alat pemadam kebakaran CO2 juga harus memiliki horn (seperti keran pemompa) yang berfungsi sebagai diffuser pengurang gaya tekan gas CO2 saat dilepaskan. Jika alat pemadam kebakaran CO2 tidak memiliki ini, maka pada saat penggunaan, besarnya gaya tekan gas CO2 akan menyebabkan pergelangan tangan patah.

Alat Pemadam Api CO2 Jangan Gunakan Di Ruang Tertutup terkandung dalam udara yang kita hirup sehari-hari namun berada pada kadar yang aman untuk dihirup.  Jika kadar CO2 yang dihirup telah melebihi batas standar maka akan menyebabkan keracunan karbon dioksida. Ada cara mudah untuk mengobati orang yang keracunan karbon dioksida, yaitu dengan cara menghirup lebih banyak oksigen. Namun jika orang tersebut telah kehilangan kesadaran atau tidak mampu keluar dari ruangan, karbon dioksida dapat menyebabkan masalah yang lebih serius seperti asidosis yang bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan alat pemadam kebakaran CO2 dalam ruang tertutup, terutama di mobil atau kendaraan. Selain berwarna merah, terdapat pula alat pemadam kebakaran CO2 yang dipoles dengan warna silver.  Alat pemadam ini memberikan tampilan yang lebih menawan dan sangat ideal untuk penggunaan pada butik-butik dan outlet kelas atas. Alat pemadam yang dipoles ini tidak dibuat berdasarkan standar British EN3 karena tidak mengikuti aturan berwarna merah, melainkan dibuat berdasarkan standar British lain untuk standar alat. Pemadam kebakaran.

Foam  AFFF

Tabung pemadam kebakaran dari Foam biasanya banyak digunakan pada tempat atau industri yang memiliki potensi kebakaran dari benda padat non-logam dan cairan yang gampang terbakar. Fungsi tabung pemadam kebakaran alat ini yaitu menutup dan mendinginkan itik api. Sehingga bara api dpat dikendalikan atau dipadamkan.

Biasanya digunakan sebagai media dalam pemadam kebakaran portable. Selain itu, foam ini juga banyak digunakan untuk

untuk industri oil and gas karena sangat cepat dalam memadamkan api yang bersumber dari minyak. Selain itu, sifat baik dari alat ini yaitu dapat mendinginkan api dengan cepat sehingga panas pada kebakaran dapat dikendalikan.

Berdasarkan fungsi tabung pemadam kebakaran yang telah kita bahas pada artikel ini, tentunya kita jadi lebih mengerti bahwa penting memahami fungsi kerja suatu alat kebakaran dan media yang cocok digunakan. Sehingga kita menjadi lebih berhati-hati dan tidak salah dalam menggunakan alat, karena dapat berakibat fatal.

Foam AFFF adalah berbasis air dan sering mengandung surfaktan berbasis hidrokarbon seperti sulfat sodium alkyl, dan fluoro surfactant sepertifluorotelomers, asam perfluorooctanoic (PFOA), atau asam perfluorooctanesulfonic(PFOS). Mereka memiliki kemampuan untuk menyebar di permukaan cairan berbasis hidrokarbon. Alcohol-resistant aqueous film forming foams (AR-AFFF) adalah busa yang tahan terhadap reaksi dari alkohol, dapat membentuk lapisan pelindung ketika disemprotkan.

Dapat digunakan untuk memadamkan api kelas A namun sangat cocok bila digunakan untuk kelas B.

Bersifat Kondukstif (Penghantar Listrik). Tidak dapat dipakai untuk memadamkan api kelas C.

Foam bersifat ringan, efektif untuk memadamkan zat cair yang mudah terbakar dengan cara mengisolasi oksigen dan menutupi permukaan zat cair untuk menghindari api yang dapat menjalar kembali.

4. Client Agent Gas (Pengganti Hallon) / HCFC 141B

HCFC-141b is a hydrochlorofluorocarbon (HCFC). Merupakan senyawa dari 1,1-dichloro-1-fluoroethane dan Chemical Abstracts.

Merupakan pemadam api yang bersih dan tidak meninggalkan residu.

Sangat efektif untuk semua resiko kebakaran kelas A, B dan C.

Tidak menghantarkan listrik (Non Konduktif), sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik dan alat perkantoran modern lainnya.

 

SPARE PARTS APAR

Tabung (Tube) yang kami pakai terbuat dari bahan berkualitas tinggi baja paduan. mereka banyak diterapkan dalam kimia, metalurgi, mekanik. Sehingga tahan terhadap bahan kimia serta tahan terhadap tekanan yang terukur. Tabung berbentuk seamless yaitu tabung yang dibuat tanpa adanya las.

2. VALVE

Spare part yang berfungsi untuk menutup dan membuka aliran media (Isi) yang berada di dalam tabung.

3. HANDLE

Spare part yang berfungsi sebagai pegangan untuk menekan serta membantu valve dalam melakukan fungsinya.

4. PRESSURE

Spare part yang berfungsi sebagai pegangan untuk mengarahkan media pada sumber api.

7. SABUK TABUNG

Spare part yang berfungsi sebagai dudukan selang pada tabung.

8. PIN PENGAMAN

Spare part yang berfungsi sebagai pengaman tabung.

9. BRACKET/ HANGER

Spare part yang berfungsi sebagai gantungan APAR.

 APAR merupakan salah satu alat pemadam yang cukup laris dipasaran. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, berkat ukuran dan bobotnya yang masih bisa dioperasikan dengan 1 orang ini sanggup membuatnya menjadi primadona untuk dimiliki oleh setiap kantor, rumah sakit, hotel, bahkan mobil.

Ya saat ini sudah banyak pengemudi mobil yang sadar akan pentingnya menghadirkan APAR di dalam bagasi mobilnya. Alasannya cukup masuk akal, karena kelistrikan pada mesin mobil yang tidak bisa di cek secara berkala dapat membuat mobil berharga puluhan hingga ratusan juta rupiah terbakar hingga habis.

Tentu saja daripada kehilangan mobil karena hangus terbakar menjadi debu, akan lebih baik menyempatkan diri untuk membeli alat pemadam api ringan dengan harga ratusan ribu rupiah untuk jaga-jaga. Walaupun tidak digunakan untuk memadamkan api di mobil sendiri, tapi sangat mungkin sekali dapat digunakan untuk memadamkan mobil-mobil lain terutama angkutan umum yang sangat minim sekali perawatan

Perlu Anda ketahui, untuk Alat Pemadam Api Ringan yang cocok untuk mobil adalah yang menggunakan material pemadam berjenis

atau Serbuk Kimia Kering. Alasannya cukup sederhana, karena penyebab kebakaran di mobil biasanya akibat arus pendek listrik yang memicu api di ruang bensin.

Dry Chemical untuk jenis Alat Pemadam Api Ringan bagi mobil ini bekerja dengan cara mengganggu reaksi kimia yang terjadi pada zona pembakaran agar api dapat padam. Dan partikel keringnya yang digunakan dapat mencegah api (membentuk penghalang) pada aera yang sudah dipadamkan agar tidak terpicu (terbakar) lagi. 

Selain itu, APAR yang menggunakan Dry Chemical Powder sendiri juga bersifat isolator (non-konduktif) alias tidak menghantarkan arus listrik sehingga saat terjadi pemadaman terhadap mobil yang terbakar tidak akan menyebabkan penggunanya tersetrum.

Apabila bus yang terbakar, maka Dry Chemical Powder ini akan membentuk kabut agar aroma hangus dari kebakaran tidak menyebabkan penggunanya keracunan / pingsan saat upaya pemadam kebakaran.

Dengan segala manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan Alat Pemadam Api Ringan berjenis Serbuk Kimia kering ini, diharapkan Anda menjadi tidak ragu lagi untuk segera menyiapkan budget untuk mengamankan mobil yang berharga Anda dari ancaman kebakaran. Sebab karena kebakaran tidak dapat dihindari, walaupun Anda sudah memiliki asuransi kendaraan namun kehilangan kendaraan akibat kelalaian pengemudinya tidak akan membuat klaim asuransinya cair. Jadi lebih baik kehilangan mobil atau menyiapkan alat pemadam api ringan? Itu pilihan Anda

Dalam rilis yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), didapatkan kesimpulan bahwa 63% dari total kebakaran yang terjadi di Indonesia dalam rentang waktu tahun 2002—2011 terjadi karena hubungan arus pendek listrik. Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara memadamkan api yang berasal dari korsleting listrik ini? Apakah cukup diguyur dengan air?

Dalam Perda DKI Jakarta No. 3 Tahun 1992, kebakaran yang disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik masuk ke dalam kebakaran kelas C. Kebakaran jenis ini dapat dipadamkan dengan cepat apabila kita menggunakan bahan kimia dan gas sebagai alat pemadam utama. Artinya, ketersediaan 

yang berisi gas karbondioksida, dapat meminimalisasi risiko kerugian jika terjadi hubungan arus pendek listrik di rumah atau di kantor.

Kita sudah mengetahui apa yang harus dilakukan apabila terjadi kebakaran akibat hubungan arus pendek listrik. Sekarang, alangkah baiknya apabila kita juga mengetahui cara memangkas masalah dari akarnya. Inilah 5 Langkah Mudah untuk mencegah hubungan arus pendek listrik:

Gunakanlah material listrik seperti kabel, saklar, dan stop kontak yang memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI), Lembaga Masalah Kelistrikan (LMK), dan Standar PLN (SPLN).

Gantilah kabel listrik jika sudah mengelupas karena kabel listrik yang mengelupas dapat menciptakan bunga api saat terkena zat cair.

Janganlah menumpuk-numpuk stop kontak pada satu sumber listrik sehingga tidak terjadi korsleting akibat kabel listrik yang kelebihan muatan.

Periksalah instalasi listrik di rumah secara berkala, misalnya setiap lima tahun.

Hindarilah pencurian listrik dengan cara apapun.

APAR ) harus ditempatkan di tempat-tempat yang memenuhi syarat sebagai berikut :

Setiap Jarak 15 meter.

Ditempat yang mudah di jangkau dan dilihat.

Pada jalur keluar arah refleks pelarian.

Memperlihatkan suhu sekitarnya.

Tidak terkunci.

Memperhatikan jenis dan sifat bahanyang dapat terbakar.

Intensitas kebakaran yang mungkin terjadi  seperti jumlah bahan bakar, ukurannya, kecepatan menjalarnya.

Orang yang akan menggunakannya.

Kemungkinan yang mungkin timbulnya reaksi kimia.

Efek terhadap keselamatan dan kesehatan orang yang menggunakannya.

Alat Pemadam Api Ringan ( APAR ) hanya sebatas untuk memadamkan api pada mula kebakaran dengan ukuran relatif kecil dan dalam waktu tidak lebih dari 3 menituntuk bahan cair dan gas tidak lebih dari 10 menit untuk bahan padat.

Di era globalisasi serba modern, alat pemadam api makin berkembang mengikuti kemajuan zaman. Di zaman dahulu, alat pemadam api tidaklah spesifik dan sangat sederhana, medianya hanya air dan alatnya mungkin seperti ember dan wadah lainnya yang bisa menampung air untuk memadamkan kebakaran. Dengan adanya kemajuan teknologi, maka ditemukannya terobosan baru. Pemadaman kebakaran dilakukan dengan alat yang spesifik, mulai dari mobil Pemadam Kebakaran (DAMKAR), Tabung berkapasitas besar (trolley unit), Tabung portable unit, dan bahkan alat pemadam yang dilengkapi dengan Smoke Detector serta Alarm. Atas dasar pentingnya pengetahuan tentang penanggulangan bahaya kebakaran, serta bagaimana cara menggunakan alat pemadam api dengan baik dan benar, penulis ingin menerangkan tentang Tabung Pemadam Api. 

PENGERTIAN ALAT PEMADAM API RINGAN | APAR 

APAR Adalah Suatu alat berupa tabung yang diisi dengan media yang dapat mengatasi serta memadam kebakaran pada awal terjadinya api

 Tabung pemadam kebakaran/api memiliki dua jenis yaitu berupa api ringan (APAR) atau alat pemadam kebakaran api berat (APAB). Perbedaan keduanya hanya terletak pada besar dan kecil alatnya. Pada apar alatnya lebih kecil dan portable. Sedangkan pada APAB memiliki ukuran yang lebih besar sehingga biasanya dipakai dengan menggunakan trolly. Jika suatu kebakaran yang terjadi hanya api kecil atau hanya digunakan untuk pertolongan pertama biasanya menggunakan APAR, sedangkan jika api lebih besar menggunakan APAB. Umumnya banyak digunakan APAR pada sekolah dan rumah-rumah, dan digunakan APAB pada gedung yang lebih besar. lalu bagaimana Fungsi Tabung Pemadam Kebakaran menurut tipe medianya?

Fungsi Tabung Pemadam Kebakaran sesuai jenis kebakaran

Dry Powder

Fungsi tabung pemadam kebakaran pada 

yaitu dapat memadamkan kebakaran pada benda padat, cair, maupun elektrikal. Alat ini terdiri dari Mono-ammonium phosphate and Ammonium sulphate, dan tergolong perlatan pemadam kebakaran yang lebih murah dan efisien sehingga termasuk jenis alat yang banyak penggunanya.

Cara kerja alat ini yaitu dengan menyelimuti area kebakaran agar tidak berinteraksi dengan oksigen. Sebaiknya dalam pemanfaatan fungsi tabung pemadam kebakaran jenis ini, hindari kontak dengan mata dan pernafasan.

Karbon Dioksida (CO2)

Pada pemadam kebakaran dari CO2 saat erada di dalam tabung berbentuk cair, namun saat disemprotkan berbentuk gas. Cara kerja alat ini yaitu dengan mendorong oksigen sampai batas minimal sehingga mempersempit proses reaksi oksigen dengan unsure lain. maka nyala api dapat dikendalikan. Fungsi tabung pemadam kebakaran dengan CO2 untuk memadamkan api oleh elektrikal seperti akibat konsleting listrik atau peralatan elektronik lain yang terbakar.Dikarenakan sifatnya yang tidak meninggalkan residu, serta aman untuk peralatan elektronik menjadikan alat ini banyak menjadi pilihan. Sebaiknya saat menggunakan

jenis ini menggunakan brething apparatus sehingga dapat memudahkan dalam bernafas saat memadakan api, dan menghindarkan diri dari menghirup udara langsung yang dapat mengganggu pernafasan.

Foam 

Tabung pemadam kebakaran dari Foam (buih) biasanya banyak digunakan pada tempat atau industri yang memiliki potensi kebakaran dari benda padat non-logam dan cairan yang gampang terbakar. Fungsi tabung pemadam kebakaran alat ini yaitu menutup dan mendinginkan itik api. Sehingga bara api dpat dikendalikan atau dipadamkan.

Biasanya digunakan sebagai media dalam pemadam kebakaran portable. Selain itu, foam ini juga banyak digunakan untuk

untuk industri oil and gas karena sangat cepat dalam memadamkan api yang bersumber dari minyak. Selain itu, sifat baik dari alat ini yaitu dapat mendinginkan api dengan cepat sehingga panas pada kebakaran dapat dikendalikan.

 

Berdasarkan fungsi tabung pemadam kebakaran yang telah kita bahas pada artikel ini, tentunya kita jadi lebih mengerti bahwa penting memahami fungsi kerja suatu alat kebakaran dan media yang cocok digunakan. Sehingga kita menjadi lebih berhati-hati dan tidak salah dalam menggunakan alat, karena dapat berakibat fatal.

media kebakaran dry chemical powder kelas abdan c

Kebakaran merupakan suatu kejadian yang mengakibatkan kerugian baik secara material maupun non material. Dalam penanganan kebakaran, ada beberapa hal yang harus diketahui antara lain jenis kebakaran yang terjadi. Kebakaran sendiri secara umum dibagi menjadi kelas a, b, dan c. Kebakaran kelas A adalah jenis kebakaran yang terjadi pada kertas, plastik, kain dan sejenisnya. Kebakaran kelas B adalah  jenis kebakaran yang terjadi pada bahan bakar cair dan gas. kebakaran kelas C adalah jenis kebakaran yang terjadi akibat arus listrik. apabila kita telah mengetahui jenis kebakaran yang berlangsung maka kita dapat menentukan jenis media

yaitu dapat memadamkan kebakaran pada benda padat, cair, maupun elektrikal. Alat ini terdiri dari Mono-ammonium phosphate and Ammonium sulphate, dan tergolong perlatan pemadam kebakaran yang lebih murah dan efisien sehingga termasuk jenis alat yang banyak penggunanya.

Cara kerja alat ini yaitu dengan menyelimuti area kebakaran agar tidak berinteraksi dengan oksigen. Sebaiknya dalam pemanfaatan fungsi tabung pemadam kebakaran jenis ini, hindari kontak dengan mata dan pernafasan.

Prinsip kerja dari bubuk kimia kering adalah dengan memutuskan salah satu dari tiga syarat terbentukya api. Bubuk kimi akering akan menutupi material yeng terbakar sehingga oksigen tidak dapat supplai sehingga api pun lama kelamaan akan padam. Serbuk kimia yang digunakan umumnya berupa partikel-partikel halus seperti sodium bicarbonate-, potassium bicarbonate-, atau ammonium phosphate-based. Bahan kimia diatas merupakan komponen utama dan komponen tambahan yang digunakan sebagai pelengkap adalah bahan pelembab dan bahan kimia yang mengurangi viskositas serbuk agar mudaha mengalir. Pada dasarnya serbuk yang digunakan merupakan serbuk kimia yang inert (yang tidak ikut bereaksi) dan serbuk silika yng dicapurkan dnegan sodium bikarbonat. Di dalam tabung terdapat tabung kecil yang berfungsi untuk menyimpan gas

Serbuk yang keluar akan segera menutupi bahan yang terbakar sehingga oksigen tidak dapat masuk dan membentuk api.Serbuk yang keluar akan segera menutupi bahan yang terbakar sehingga oksigen tidak dapat masuk dan membentuk api.

Jika menyemprotkan alat

Jika menyemprotkan alat pemadam kebakaran tipe bubuk kering, perhatikan di sekeliling ruangan titik kebakaran. usahankan tidak ada alat yang korosif  apabila terkena bubuk kering. Selain itu, penyemprotan yang banyak dapat mengakibatkan gangguan kesehatan khususnya pernafasan

di bawah ini adalah beberapa bahan kimia yang dianjurkan untuk digunakan sebagai media pemadaman:

– Sodium bikarbonat 97%

– Magnesium stearote 11/2%

– Magnesium karbonat 1%

– Trikalsium karbonat ½%

Dry Chemical Powder Pemadam Kebakaran dari  telah lolos sertifikasi Dinas Pemadam Jakarta dan Semarang dan layak untuk diperjual belikan di Indonesia.

Ukuran : 1 kg sd 86 Kg Type : Dry Chemical Powder

Class : ABC (Kayu, Plastik, Karet, Kertas, Minyak, Solar, Bensin dan Listrik)

Fungsi : Apartmen, Hotel, Perkantoran, Gedung, Baseman Parkir, Pabrik, SPBU, dan ruangan besar lainnya.

Karbon Dioksida (CO2)

Pada pemadam kebakaran dari CO2 saat erada di dalam tabung berbentuk cair, namun saat disemprotkan berbentuk gas. Cara kerja alat ini yaitu dengan mendorong oksigen sampai batas minimal sehingga mempersempit proses reaksi oksigen dengan unsure lain. maka nyala api dapat dikendalikan. Fungsi tabung pemadam kebakaran dengan CO2 untuk memadamkan api oleh elektrikal seperti akibat konsleting listrik atau peralatan elektronik lain yang terbakar.Dikarenakan sifatnya yang tidak meninggalkan residu, serta aman untuk peralatan elektronik menjadikan alat ini banyak menjadi pilihan. Sebaiknya saat menggunakan jenis ini menggunakan brething apparatus sehingga dapat memudahkan dalam bernafas saat memadakan api, dan menghindarkan diri dari menghirup udara langsung yang dapat mengganggu pernafasan.

Alat pemadam api CO2 adalah alat pemadam kebakaran yang sangat popular karena sangat efektif terhadap cairan yang mudah terbakar seperti propane, butane, pelarut dan bensin. Alat pemadam kebakaran

ini pun berguna dalam mengatasi kebakaran yang diakibatkan oleh peralatan listrik, karena tidak meninggalkan residu (bubuk ataupun busa) saat memadamkan api. Alat pemadam api CO2 dibuat berdasarkan standar British EN3, dicat warna merah terang dengan label hitam di atas petunjuk penggunaan. Pada tahun 1995, alat pemadam kebakaran ini diproduksi dengan standar Inggris dan dicat hitam seluruhnya. Alat pemadam api CO2 tersedia dalam ukuran yaitu ukuran 2 kg dan 5 kg. Alat pemadam kebakaran tipe CO2 yang terbesar tersedia dalam ukuran 45 kg. Namun ukuran ini biasanya digunakan untuk offshore dan bandara.

Di mana alat Pemadam Api CO2 Biasa Digunakan ?

Alat pemadam api CO2 adalah alat pemadam yang paling cocok digunakan pada kebakaran kelas B (cairan yang mudah terbakar) dan peralatan listrik. Pemadam ini aman untuk digunakan pada peralatan listrik untuk perkantoran, workshop, klub malam, dan tempat-tempat lain yang menggunakan peralatan listrik. Alat pemadam ini sebaiknya disimpan pada tempat  yang tidak beresiko terjadinya kebakaran.

Bagaimana Cara Kerja Alat Pemadam Kebakaran CO2 adalah alat pemadam kebakaran yang mengandung karbon dioksida fase cair dengan tekanan 55 bar atau 825 psi dalam silinder bertekanan. Ketika alat pemadam dibuka, karbon dioksida mengembang sehingga membentuk fase gas. Gas CO2 yang dikeluarkan oleh pemadam akan menggantikan oksigen yang ada di sekeliling api sehingga api pun akan padam. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa oksigen merupakan salah satu elemen dari segitiga api (penyebab terjadinya api), dengan hilangnya oksigen maka segitiga api menjadi tidak sempurna sehingga api pun tidak akan dapat terbentuk dengan kata lain, api yang mulanya terbentuk akan padam jika kadar oksigen hilangkan.

Selang Anti Beku pada Alat Pemadam Api CO2

Apabila Anda membeli tipe bahan kimia CO2, maka Anda akan diberikan selang anti beku. Hal ini karena gas CO2 yang dilepaskan dari alat pemadam ini sangat dingin. Penggunaan pemadam tipe karbon dioksida tanpa memegang selang anti beku akan menyebabkan jari-jari menjadi beku dan cedera yang serius. Selang anti beku ini dirancang untuk dapat menahan efek pembekuan gas karbon dioksida, dan dapat dipegang oleh pengguna. Alat pemadam kebakaran CO2 juga harus memiliki horn (seperti keran pemompa) yang berfungsi sebagai diffuser pengurang gaya tekan gas CO2 saat dilepaskan. Jika alat pemadam kebakaran CO2 tidak memiliki ini, maka pada saat penggunaan, besarnya gaya tekan gas CO2 akan menyebabkan pergelangan tangan patah.

Alat Pemadam Api CO2 Jangan Gunakan Di Ruang Tertutup terkandung dalam udara yang kita hirup sehari-hari namun berada pada kadar yang aman untuk dihirup.  Jika kadar CO2 yang dihirup telah melebihi batas standar maka akan menyebabkan keracunan karbon dioksida. Ada cara mudah untuk mengobati orang yang keracunan karbon dioksida, yaitu dengan cara menghirup lebih banyak oksigen. Namun jika orang tersebut telah kehilangan kesadaran atau tidak mampu keluar dari ruangan, karbon dioksida dapat menyebabkan masalah yang lebih serius seperti asidosis yang bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan alat pemadam kebakaran CO2 dalam ruang tertutup, terutama di mobil atau kendaraan. Selain berwarna merah, terdapat pula alat pemadam kebakaran CO2 yang dipoles dengan warna silver.  Alat pemadam ini memberikan tampilan yang lebih menawan dan sangat ideal untuk penggunaan pada butik-butik dan outlet kelas atas. Alat pemadam yang dipoles ini tidak dibuat berdasarkan standar British EN3 karena tidak mengikuti aturan berwarna merah, melainkan dibuat berdasarkan standar British lain untuk standar alat. Pemadam kebakaran.

Foam 

Tabung pemadam kebakaran dari Foam biasanya banyak digunakan pada tempat atau industri yang memiliki potensi kebakaran dari benda padat non-logam dan cairan yang gampang terbakar. Fungsi tabung pemadam kebakaran alat ini yaitu menutup dan mendinginkan itik api. Sehingga bara api dpat dikendalikan atau dipadamkan.

Biasanya digunakan sebagai media dalam pemadam kebakaran portable. Selain itu, foam ini juga banyak digunakan untuk

untuk industri oil and gas karena sangat cepat dalam memadamkan api yang bersumber dari minyak. Selain itu, sifat baik dari alat ini yaitu dapat mendinginkan api dengan cepat sehingga panas pada kebakaran dapat dikendalikan.

Berdasarkan fungsi tabung pemadam kebakaran yang telah kita bahas pada artikel ini, tentunya kita jadi lebih mengerti bahwa penting memahami fungsi kerja suatu alat kebakaran dan media yang cocok digunakan. Sehingga kita menjadi lebih berhati-hati dan tidak salah dalam menggunakan alat, karena dapat berakibat fatal.

 

 

Read 68298 times Last modified on Tuesday, 16 May 2017 10:52
More in this category: Harga Pemadam Api Fire Indo »

Kontak Cepat (2)

Andy Rifky
WA 
WA / XL 087885235999

Email: gmproteksi@gmail.com

Kantor Penjualan & Pemasaran 
      Komplek Taman Palem Mutiara Blok A15 No. 28
Cengkareng Jakarta Barat
Telp: (021) 54353513,
Faks: (021) 54355904

Jual Alat Pemadam Kebakaran Fire Indo

Jual Alat Pemadam Kebakaran Api 6 Kg Lokal - Top...
jual alat pemadam kebakaran Jual APAR Tabung Pemadam Api Powder 6 Kg atau Dry Chemical Powder 6, Kg merupakan kombinasi dari bahan kimia fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. Yang berfungsi mengganggu reaksi kimia yang terjadi pada zona api yang terbakar, sehingga api dapat di padamkan. Dry... More detail
Jual Alat Pemadam Kebakaran 3 Kg Lokal - Antar...
Jual APAR Tabung Pemadam Api Powder 3 Kg atau Dry Chemical Powder SKP- 3 Kg - Antar Gratis, CepatMurah alat pemadam api  Dry Chemical Powder merupakan kombinasi dari bahan kimia fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. Yang berfungsi mengganggu reaksi kimia yang terjadi pada zona api yang... More detail
Harga Pemadam Api Fire Indo
Alat pemadam api ringan adalah alat pemadam kebakaran api portable, cocok untuk di gunakan sebagai perlengkapan keselamatan untuk ruangan seperti kitchen lestoran, dapur umum, ruangan kantor, dan sejenis nya, untuk mengenal alat pemadam kebakaran api portable silakan lihat dan baca artikel ini,... More detail
Jual Alat Pemadam Portable
  MEDIA ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR) 1. Dry Chemical Powder Dry Chemical powder merupakan kombinasi dari fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. Yang fungsinya adalah bahwa hal itu mengganggu reaksi kimia yang terjadi pada zona pembakaran, sehingga api berhenti. Dry Chemical powder juga... More detail
prev
next

Jual Alat Pemadam Kebakaran Fire Indo (copy)

Jual Alat Safety - Sertifikat & Penghargaan
 PT. Global Mitra Proteksindo bergerak di bidang Fire Equipment Product dan Fire Protection System. Melayani Penjualan Produk Alat Pemadam Api, Fire Alarm System, Hydrant System, FM200 Fire Suppression System, Alat Alat Safety dan Refill Isi Ulang Alat Pemadam Api Ringan APAR/APAB, Sejak Tahun... More detail
prev
next

Live Visitor